Depan > Pemerintahan > Dishub Berikan Tugas Pembantuan Pengamanan Arus Lalu Lintas

Dishub Berikan Tugas Pembantuan Pengamanan Arus Lalu Lintas

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Sebagai bentuk sinergitas dengan jajaran samping dalam hal ini Polres Probolinggo, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo memberikan tugas pembantuan pengamanan arus lalu lintas pada tempat keramaian, rawan kemacetan dan pusat perkantoran.

Tugas pembantuan ini dilakukan di beberapa titik tempat keramaian, rawan kemacetan dan pusat perkantoran. Yakni, depan Kantor Disporaparbud Kabupaten Probolinggo, pertigaan Desa Pabean, pertigaan Bengkingan, pertigaan Perum Kalirejo, depan komplek perkantoran Diklat, Mal Pelayanan Publik (MPP), Kantor Kecamatan Dringu, Pasar Dringu, pertigaan Sinto, pertigaan barat Rutan Kelas IIB Kraksaan serta Kantor Bupati Probolinggo.

“Kami melihat frekuensi kendaraan dan arus lalu lintas saat ini cukup padat. Apalagi menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022. Oleh karena itulah kami memberikan tugas pembantuan pengamanan arus lalu lintas,” kata Kepala Dishub Kabupaten Probolinggo Taufik Alami.

Taufik menjelaskan tugas pembantuan pengamanan arus lalu lintas ini dilakukan setiap hari pada saat jam kerja. Untuk pagi dimulai pukul 06.30 hingga 08.30 WIB. Sementara sore khusus untuk komplek perkantoran mulai pukul 15.00 hingga 16.00 WIB. Untuk setiap titik ditempatkan 4 orang personil.

“Untuk saat ini, tugas pembantuan pengamanan arus lalu lintas ini kami fokuskan pada tempat keramaian, rawan kemacetan dan pusat perkantoran. Hal ini dikarenakan keterbatasan personil. Namun ke depan juga akan kami lakukan pada lembaga pendidikan yang berada di jalur pantura saat pembelajaran tatap muka sudah normal,” jelasnya.

Menurut Taufik, tugas pembantuan pengamanan arus lalu lintas ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas serta mengurai kemacetan.

“Kami akan terus berinovasi bagaimana keberadaan personil Dishub ini benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya para pengguna jalan raya yang akan bekerja, sekolah dan lain sebagainya. Sebab masih banyak sekali kami temui pengguna jalan yang masih tidak tertib, terutama dalam mematuhi rambu-rambu lalu lintas maupun marka jalan,” tegasnya.

Melalui upaya ini Taufik mengharapkan masyarakat sebagai pengguna jalan akan merasa aman dan nyaman dalam beraktifitas karena keterlibatan dari personil Dishub Kabupaten Probolinggo.

“Dengan terurainya kemacetan itu masyarakat tentunya akan merasa aman dan nyaman. Jika hal itu bisa tercipta dengan baik, maka secara otomatis akan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya. (wan)