Saturday, April 13, 2024
Depan > Pendidikan > Disdikdaya Gelar Diklat Penyusunan Karya Tulis Ilmiah

Disdikdaya Gelar Diklat Penyusunan Karya Tulis Ilmiah

Reporter : Syamsul Akbar
GADING – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikdaya) Kabupaten Probolinggo menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) penyusunan karya tulis ilmiah di Hotel & Resto Kampoeng Kita Desa Condong Kecamatan Gading, Rabu hingga Jum’at (1-3/11/2023).

Diklat penyusunan karya tulis ilmiah tahap 2 (dua) ini diikuti oleh 90 orang guru TK PNS dan Non PNS (sertifikasi), guru PNS TK sebanyak 20 orang dan guru TK Non PNS (sertifikasi) sebanyak 70 orang.

Program pelatihan pembinaan karier pendidik dan tenaga kependidikan PAUD, PNF dalam penyusunan karya tulis ilmiah dilaksanakan secara luring selama 3 (tiga) hari kegiatan pembelajaran kelas. Dilanjutkan dengan pendampingan, konsultasi dan mentoring. Metode pelatihan yang digunakan adalah paparan, diskusi, tanya jawab dan penugasan serta pendampingan oleh narasumber dan mentor.

Selama kegiatan mereka dipandu oleh narasumber Widyaiswara Ahli Madya Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Timur Istiqomah, Widyaiswara Ahli Madya BBGP Provinsi Jawa Timur Aris Riyadi, Pengawas SMP Disdikdaya Kabupaten Probolinggo Edy Santoso serta Pengawas SD Kecamatan Sumberasih Disdikdaya Kabupaten Probolinggo Maini Yudiningsih.

Analis Kebijakan Muda Disdikdaya Kabupaten Probolinggo Massajo mengungkapkan kegiatan ini bertujuan memberikan akses dan layanan sekaligus pendampingan pada PTK PAUD dalam menyusun dan mempublikasikan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Serta mendorong GTK PAUD selalu mengembangkan penelitian dalam rangka perbaikan pembelajaran maupun pendampingan.

“Indikator keberhasilan yang diharapkan peserta dapat memamahi strategi penyusunan KTI secara benar, menghasilkan karya tulis ilmiah berupa KTI dan sejenisnya serta menerapkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) maupun di komunitas belajar bagi Pengawas dan Penilik,” ungkapnya.

Sementara Kepala Disdikdaya Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi melalui Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Yunita Nur Laili mengatakan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) memiliki peran penting untuk mewujudkan layanan pendidikan yang bermutu dan berkualitas.

“Sebagai PTK yang profesional bagi Guru TK PNS dan Non PNS yang sudah sertifikasi guru memiliki tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada jenjang PAUD. Disamping memiliki tugas utama, guru juga diwajibkan mengembangkan keprofesian berkelanjutan,” katanya.

Menurut Yunita, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan pada sub unsur Publikasi Ilmiah, berkaitan dengan kemampuan guru untuk menyusun dan mempublikasikan Karya Tulis Ilmiah (KTI).

“Banyak keluhan dan guru merasa sulit bahkan tidak mampu menyusun KTI. Akibatnya, banyak PTK yang tidak memenuhi syarat untuk naik pangkat. Hal ini disebabkan tidak terpenuhi syarat PKB pada sub unsur Publikasi Ilmiah yang perlu bukti fisik menyusun dan mempublikasikan KTI nya,” pungkasnya. (wan)