Sunday, September 19, 2021
Depan > Pemerintahan > Bupati Tantri Ikuti Peringatan Harganas ke-28 Secara Virtual

Bupati Tantri Ikuti Peringatan Harganas ke-28 Secara Virtual

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) mengikuti peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28 secara Virtual, Selasa (29/6/2021) siang di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo.

Peringatan Harganas yang dipimpin oleh Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin ini diikuti oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE didampingi Kepala DPPKB Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto dan segenap pejabat OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Kegiatan ini juga diikuti oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko, Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Probolinggo Rusdiono beserta Forum Anak Kabupaten Probolinggo dan perwakilan Forum Kabupaten Probolinggo Sehat.

Hari Keluarga Nasional ditetapkan melalui Keputusan Presiden RI Nomor 39 tahun 2014 yang diperingati setiap tahun tepat di setiap tanggal 29 Juni. Peringatan Harganas dimaksudkan untuk mengingatkan pada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara.

Peringatan Harganas ke-28 tahun 2021 dengan tema “Keluarga Keren Cegah Stunting” ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam merawat gizi bayi dan mencegah stunting (kurang gizi). Diikuti dengan rangkaian kegiatan lainnya meliputi launching vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil, ibu menyusui dan anak usia 12-18 tahun.

Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa tema dalam peringatan Harganas 2021 sangatlah tepat yang dilakukan oleh Pemerintah dalam upaya sungguh-sungguh mengurangi prevalensi stanting.

“Keluarga menerapkan 8 (delapan) fungsi yang menjadi prasyarat, acuan serta pola hidup setiap keluarga dalam rangka terwujudnya keluarga sejahtera dan berkualitas. Yaitu fungsi agama, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi pendidikan, fungsi ekonomi dan fungsi lingkungan,” ujarnya.

Sementara Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE menyampaikan melalui peringatan Harganas ke-28 ini untuk mengingatkan pada seluruh masyarakat akan pentingnya keluarga, sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara. Keluarga akan selalu menghidupkan, memelihara dan memantapkan serta mengarahkan kekuatan tersebut sebagai perisai dalam menghadapi persoalan yang terjadi.

“Terkait dengan tema pada peringatan Harganas tahun 2021 ini yakni “Keluarga Keren Cegah Stunting” mengacu agar supaya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terutama terhadap kesehatan bayi dan menghindari stunting,” katanya. (y0n)