Thursday, February 29, 2024
Depan > Pemerintahan > BKPSDM Gelar Orientasi Bagi Ratusan PPPK

BKPSDM Gelar Orientasi Bagi Ratusan PPPK

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Probolinggo menggelar orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Orientasi PPPK tahap 1 yang dilaksanakan di Diklat BKPSDM Kabupaten Probolinggo Jalan Raya Dringu Nomor 81 ini diikuti oleh 160 orang dari tenaga pendidik dan tenaga penyuluh pertanian yang terbagi dalam 3 gelombang 6 angkatan.

“Kegiatan orientasi PPPK dalam 1 angkatan adalah 3 (tiga) hari. Instrukturnya adalah pejabat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikdaya) Kabupaten Probolinggo serta Dinas Pertanian (Diperta) Kabupaten Probolinggo dan para Kepala Bidang BKPSDM Kabupaten Probolinggo,” kata Kepala BKPSDM Kabupaten Probolinggo melalui Kepala Bidang Pengembangan dan Kompetensi Aparatur Hendra Eko Poernanto.

Selama kegiatan orientasi, para PPPK ini mendapatkan materi Kurikulum Pengenalan Tugas dan Fungsi ASN serta Kurikulum Pengenalan Nilai dan Etika yang berlaku pada Instansi Pemerintah.

Menurut Hendra, orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) ini dilakukan sebagai amanat dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 Tentang Manajemen PPPK.

“Kegiatan ini dalam rangka melaksanakan ketentuan Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pengembangan Kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja bahwa Instansi Pemerintah wajib menyelenggarakan orientasi bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan wajib diikuti oleh semua PPPK,” pungkasnya. (wan)