Depan > Kemasyarakatan > Baznas Berikan Penyuluhan Dampak Stunting Bagi Generasi Masa Depan

Baznas Berikan Penyuluhan Dampak Stunting Bagi Generasi Masa Depan

Reporter : Syamsul Akbar
PAKUNIRAN – Dalam rangka mendukung program percepatan pengentasan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Probolinggo, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo memberikan penyuluhan dampak stunting bagi generasi masa depan.

Penyuluhan ini diberikan kepada 5 (lima) kecamatan yang masuk dalam lokus program percepatan pengentasan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Probolinggo. Yakni, Kecamatan Pakuniran, Gading, Maron, Krucil dan Tongas.

Selasa (14/12/2021), penyuluhan dampak stunting bagi generasi masa depan ini dilaksanakan di Kantor Kecamatan Pakuniran. Kegiatan yang diikuti oleh semua perwakilan desa se-Kecamatan Pakuniran ini menghadirkan narasumber Ahli Gizi Puskesmas Pakuniran Ainur Rohmah.

Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H Ahmad Muzamil mengungkapkan penyuluhan stunting ini dilakukan karena Baznas ingin mengambil bagian dalam rangka mengentaskan kemiskinan dengan meningkatkan Indek Pembangunan Manusia (IPM) dari sisi kesehatan.

“Baznas ingin mengambil bagian bagaimana supaya bisa memberikan dukungan dan berperan serta dalam program pengentasan kemiskinan, terutama di 5 (lima) kecamatan yang masuk kemiskinan ekstrem. Dengan visi Baznas menjadi garda terdepan membantu pemerintah daerah dalam pengentasan kemiskinan,” katanya.

Menurut Muzamil, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para tokoh yang ada di desa terkait dengan stunting. Dengan demikian bagaimana supaya nanti output dari penyuluhan ini bisa disebarkan kepada orang lain di lingkungannya.

“Mereka ini merupakan tokoh yang diharapkan bisa menularkan kepada masyarakat di lingkungannya, khususnya lingkungan keluarganya. Itu nanti akan dikembangkan di kelompok-kelompok sarwah, pengajian dan LAZ (Lembaga Amil Zakat) yang berhubungan langsung dengan masyarakat,” terangnya.

Muzamil menerangkan zakat ini merupakan salah satu cara untuk mengentaskan kemiskinan sesuai dengan kriteria fakir dan miskin. Dimana fakir ini adalah orang yang tidak mempunyai pekerjaan dan tidak mempunyai sumber kehidupan. Sementara miskin itu mempunyai pekerjaan tapi tidak mencukupi untuk kebutuhan hidupnya.

“Angka stunting di Kabupaten Probolinggo masih tinggi di Jawa Timur. Oleh karena itu, Baznas ingin mengentaskan kemiskinan itu melalui peningkatan IPM dari sisi kesehatan dengan memberikan penyuluhan dampak stunting kepada masyarakat,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini Muzamil mengharapkan agar ke depan bagaimana supaya program-program yang lain untuk mendongkrak IPM ini bisa terus dilakukan. “Selain stunting dan pembangunan rumah layak huni, kami akan mencoba untuk membuat program jambanisasi agar derajat kesehatan masyarakat meningkat,” tegasnya.

Sementara Camat Pakuniran Imron Rosyadi menyambut baik kerja sama yang terjalin antara Kecamatan Pakuniran dan Baznas Kabupaten Probolinggo. Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Baznas agar masyarakatnya sehat dan terbebas dari stunting.

“Stunting ini sudah menjadi permasalahan nasional. Kami sebenarnya sudah bergerak, tetapi dengan adanya lembaga Baznas, tentunya sangat mendukung sekali. Tentunya ini mungkin lebih mengena karena di bawah lebih banyak orang-orang dari ranting NU yang bisa menindaklanjuti karena masih satu kesatuan,” ujarnya.

Imron Rosyadi menerangkan stunting ini berkaitan dengan pertumbuhan yang terhambat yang salah satunya disebabkan oleh kekurangan gizi. Pemerintah pusat hingga daerah sudah melakukan berbagai upaya jangan sampai penerus masa depan itu stunting.

“Harapan kami ke depan kita tingkatkan lagi kerja sama dengan Baznas atau lembaga yang lain sehingga betul-betul bahwa apa yang dilakukan oleh pemerintah pusat maupun daerah ini ada sinergi dengan lembaga-lembaga, salah satunya Baznas, sehingga permasalahan yang ada bisa diselesaikan secara bersama-sama melalui keterlibatan masyarakat,” pungkasnya. (wan)

https://probolinggokab.go.id/wp-content/uploads/2019/01/slotmaxwin/ https://bali.bawaslu.go.id/assets/artikel/slotgacormaxwin/ https://slot.papuabaratprov.go.id https://www.rtpharmoni.id/ slot pulsa slot slot online slot88