Sunday, September 19, 2021
Depan > Pemerintahan > Bacakades Lima Desa Ikuti Tes Tulis

Bacakades Lima Desa Ikuti Tes Tulis

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Rabu (17/3/2021) pagi, menjelang tahap penetapan calon kepala desa (cakades) Kabupaten Probolinggo, paket soal tes tulis bagi bakal cakades telah diambil masing-masing Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa sesuai dengan Peraturan Bupati Probolinggo Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Pedoman Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa, setelah melalui beberapa tahapan, termasuk tahap pembobotan, masing-masing desa tersebut memiliki bakal calon lebih dari lima orang.

Per tanggal 16 Maret 2021 pukul 16.00 WIB, tercatat lima desa yang hari ini melaksanakan tes tulis bagi bacakades diantaranya, Desa Muneng dan Banjarsari Kecamatan Sumberasih, Desa Maron Wetan Kecamatan Maron, Desa Seneng Kecamatan Krucil serta Desa Pesawahan Kecamatan Tiris dengan jumlah peserta bervariasi antara 2-4 orang.

Pengambilan naskah soal dan kunci jawaban tes tulis ini diambil langsung oleh Ketua Panitia Pilkades dengan didampingi masing-masing Forkopimka dan disaksikan oleh Panitia Kabupaten diantaranya, Dinas PMD, Dinas Pendidikan, Bagian Hukum dan Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo Edy Suryanto melalui Kepala Bidang Penataan Desa Nur Rachmad Sholeh menjelaskan materi yang akan diujikan adalah seputar pengetahuan umum tentang pemerintahan daerah dan pemerintahan desa.

Rachmad menerangkan masing-masing ketua panitia Pilkades ini disodorkan tiga paket amplop tertutup yang masing-masing berisi soal, lembar jawaban dan kunci jawaban. Setiap orang memilih dua paket sekaligus, yakni untuk kebutuhan tes tulis dan satu lagi untuk cadangan, manakala terjadi skor kembar (draw) pada nilai tertinggi saat penilaian.

“Sesuai pasal 27 ayat 5, kami panitia kabupaten bisa bekerjasama dengan dinas yang mengampu tentang pendidikan, dalam hal ini kami dibantu tenaga profesional pada Dinas Pendidikan. Selanjutnya ujian ini dilaksanakan hari ini pukul 10.00 dengan waktu pengerjaan selama 60 menit,” jelasnya.

Lebih lanjut Rachmad menjelaskan untuk menjaga sportifitas, pelaksanaan tes ini dilaksanakan secara terbuka. Mulai saat awal membuka paket soal dan pelaksanaanya harus sepengetahuan bersama panitia dan peserta tes, termasuk pada saat pengkoreksian kunci jawaban dibuka ketika ujian selesai dilaksanakan.

“Jam 11.00 WIB tes selesai dan langsung dikoreksi secara terbuka sesuai dengan kunci jawaban yang tersedia, sehingga skor langsung diketahui saat itu juga. Selanjutnya naskah dikembalikan lagi ke kantor Dinas Pendidikan bersama berita acara pelaksanaan ujian,” urai Rachmad.

“Harapan kami semoga lancar dan sukses bagi semua panitia Pilkades Kabupaten Probolinggo. InsyaAllah kami bekerja amanah dan profesional hingga nanti mendapatkan kepala desa yang amanah profesional serta menjadi panutan bagi masyarakat desa di Kabupaten Probolinggo,” tandasnya.(dra)