Tuesday, October 19, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Warga Sumberasih Positif Terinfeksi COVID-19

Warga Sumberasih Positif Terinfeksi COVID-19

Reporter : Syamsul Akbar
SUMBERASIH – Jumlah orang terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Probolinggo kembali bertambah. Hal ini menyusul dengan adanya tambahan 1 (satu) orang positif COVID-19 dari Desa Pesisir Kecamatan Sumberasih.

Saat ini di Kabupaten Probolinggo posisinya untuk orang terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (COVID-19) sebanyak 117 orang atau bertambah 1 orang dari sebelumnya sebanyak 116 orang dengan keterangan 34 orang masih dirawat dan menjalani isolasi, 81 orang sembuh dan 2 orang meninggal dunia.

“Satu orang ke-117 terkonfirmasi positif COVID-19 ini adalah laki-laki berusia 68 tahun dari Desa Pesisir Kecamatan Sumberasih. Untuk penularannya mungkin terjadi secara horizontal, karena kita masih tidak tahu dan tidak jelas masuk dalam klaster apa sehingga kita memasukkan dalam Klaster Pelangi,” kata Juru Bicara Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto.

Menurut Anang, yang pasti pihaknya masih tidak tahu kasusnya. Karena yang bersangkutan dirawat di Rumah Sakit National Hospital Surabaya. “Disana dia menjalani rapid test hasilnya non reaktif dan dilakukan pemeriksaan swab hasilnya positif. Karena warga Kabupaten Probolinggo, maka kasusnya dimasukkan dalam kasus Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Anang menegaskan untuk trackingnya masih akan dilacak mulai dari hari ini di wilayah Desa Pesisir Kecamatan Sumberasih. Karena memang tidak pernah ketemu ceritanya dari yang bersangkutan.

“Dia itu melakukan perawatan di Rumah Sakit National Hospital Surabaya secara mandiri sehingga ditetapkan sebagai orang positif COVID-19 berdasarkan hasil swab positif dari pihak rumah sakit,” tegasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo ini menambahkan bahwa fokus trackingnya dilakukan terhadap kontak-kontak erat dari yang bersangkutan mulai dari keluarganya hingga teman-teman. “Kita akan terus memperdalam tracking untuk mencari sumber penularan dari yang bersangkutan,” pungkasnya. (wan)