Sunday, September 19, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Warga Sumber Kramat Terima Bantuan Air Bersih

Warga Sumber Kramat Terima Bantuan Air Bersih

Reporter : Syamsul Akbar
TONGAS – Sebanyak 38 Kepala Keluarga (KK) atau 125 jiwa di Dusun Mendek Kulon RT 08 RW 04 Desa Sumber Kramat Kecamatan Tongas menerima distribusi air bersih dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Senin (25/11/2019).

“Penyaluran air bersih di Desa Sumber Kramat Kecamatan Tongas ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air bersih yang dibutuhkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi.

Menurut Anggit, dropping air bersih ke Desa Sumber Kramat ini dilakukan setelah pihaknya mendapatkan laporan pihak Kecamatan Tongas terkait kebutuhan air bersih bagi masyarakat.

“Upaya yang kami lakukan ini diharapkan dapat memberikan rasa tenang bagi masyarakat yang berada di wilayah yang memang berpotensi kekeringan, seperti halnya di Desa Sumber Kramat Kecamatan Tongas,” terangnya.

Kedatangan mobil tangki BPBD Kabupaten Probolinggo di Desa Sumber Kramat langsung diserbu masyarakat dengan membawa alat penampung air seadanya mulai timba, ember dan lain sebagainya. Tak ayal dalam waktu sekejap, isi mobil tangki tersebut langsung ludes.

“Walaupun sebagian wilayah Kabupaten Probolinggo sudah turun hujan, namun masih dengan intensitas rendah. Dan sebagian besar wilayah masih membutuhkan distribusi air bersih, sehingga BPBD masih terus mendistribusikan air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan, seperti salah satunya pengiriman air bersih ke Desa Sumber Kramat,” pungkasnya. (wan)