Tuesday, March 5, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Wabup Timbul Tutup Festival Musik Anti Narkoba 2022

Wabup Timbul Tutup Festival Musik Anti Narkoba 2022

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko secara resmi menutup festival musik anti narkoba Kabupaten Probolinggo tahun 2022 di Alun-alun Kota Kraksaan, Minggu (6/11/2022) siang.

Penutupan festival musik anti narkoba Kabupaten Probolinggo tahun 2022 ini ditandai dengan pelepasan balon dan penandatanganan komitmen bersama wujudkan Kabupaten Probolinggo Bersinar.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan anggota Forkopimda Kabupaten Probolinggo dan Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto selaku Ketua Satuan Pelaksana Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Kabupaten Probolinggo.

Hadir pula, perwakilan Kepala OPD dan Camat, pimpinan perusahaan dan perbankan, kepala desa dan lurah se-Kecamatan Kraksaan, kepala sekolah dan madrasah di wilayah Kabupaten Probolinggo serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat Kabupaten Probolinggo.

Festival musik anti narkoba dengan tema “Bersama Wujudkan Kabupaten Probolinggo Bersinar (Bersih dari Narkoba)” ini diikuti oleh 12 peserta grup band SMA/MA se-Kabupaten Probolinggo.

Berdasarkan penilaian dewan juri, juara 1 diraih Band Mattura dari SMAN 1 Kraksaan, juara 2 diraih MA Masduqiah dan juara 3 diraih oleh SMA Hafsa Zaha Genggong. Sementara untuk juara harapan 1 diraih MAN 2 Probolinggo dan juara harapan 2 diraih SMKN 2 Kraksaan.

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengatakan generasi muda dengan semangat dan rasa ingin tahunya yang tinggi harus diarahkan pada aktifitas-aktifitas positif dan bermanfaat.

“Musik merupakan salah satu media yang paling efektif untuk dimanfaatkan sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda dan pelajar,” katanya.

Lebih lanjut Wabup Timbul sangat mengapresiasi atas terselenggaranya festival musik kali ini. Hal ini merupakan wujud sinergitas Pemerintah Daerah bersama Satlak P4GN dan segenap stakeholder dalam upaya penanggulangan dan pencegahan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Probolinggo.

“Guna mewujudkan Kabupaten Probolinggo Bersinar (bersih dari narkoba), upaya penanggulangan dan pencegahan penyalahgunaan narkoba harus dimulai sejak dini, khususnya di kalangan generasi muda,” jelasnya.

Menurut Wabup Timbul, festival musik kali ini bukan sekedar wahana untuk berlatih dan berkompetisi, tetapi juga sebagai wahana untuk mengedukasi masyarakat agar lebih memahami bahwa narkoba adalah penyakit sosial yang sangat merugikan.

“Hindari pergaulan yang mengarah kepada penyalahgunaan narkoba. Kita bangun sikap keterbukaan komunikasi antara generasi muda dan segenap elemen masyarakat serta tingkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT, maka niscaya kita semuanya akan terhindar dari narkoba,” pungkasnya. (dra)