Wednesday, October 27, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Wabup Timbul Pimpin Rakor Kesiapsiagaan Bencana

Wabup Timbul Pimpin Rakor Kesiapsiagaan Bencana

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono memimpin rapat koordinasi (rakor) kesiapsiagaan bencana di ruang kerja Wakil Bupati Probolinggo di Kantor Bupati Probolinggo, Senin (6/1/2020) pagi.

Rakor kesiapsiagaan bencana ini dihadiri oleh para Asisten dan Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait penanganan bencana di Kabupaten Probolinggo. Yakni, BPBD, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Sosial, Badan Keuangan Daerah, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian, RSUD Waluyo Jati Kraksaan dan RSUD Tongas serta Bagian Humas, Protokol dan Rumah Tangga.

Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan bahwa rakor kesiapsiagaan bencana ini diperlukan untuk melakukan peninjauan kepada layanan call center 112, cek & ricek sarana dan prasarana penanganan bencana serta bloking area rawan bencana.

“Kita juga harus membangun posko bencana untuk kebutuhan koordinasi dalam memberikan rasa nyaman kepada masyarakat. Setidaknya ketika terjadi bencana, pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat,” katanya.

Untuk lebih mengoptimalkan dalam melakukan koordinasi, komunikasi dan penanganan gerak cepat jika terjadi bencana di Kabupaten Probolinggo. Maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo membagi dalam 3 (tiga) tim koordinasi yang dikomandoi oleh 3 (tiga) orang asisten.

Asisten Administrasi Umum menjadi komando tim koordinasi untuk wilayah Kabupaten Probolinggo bagian timur meliputi Kecamatan Paiton, Kraksaan, Pajarakan, Krejengan, Gading, Besuk, Pakuniran dan Kotaanyar. Selanjutnya Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra memimpin tim koordinasi untuk Kabupaten Probolinggo wilayah tengah meliputi Kecamatan Tiris, Krucil, Maron, Gending, Dringu, Leces, Tegalsiwalan dan Banyuanyar.

Serta Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan memimpin tim koordinasi wilayah barat Kabupaten Probolinggo meliputi Kecamatan Sumber, Kuripan, Bantaran, Wonomerto, Sumberasih, Tongas, Lumbang dan Sukapura.

“Pembagian tim koordinasi ini sangat penting agar bisa memberikan penanganan dengan cepat ketika terjadi bencana. Sehingga masing-masing tim koordinasi bisa langsung melakukan koordinasi dengan OPD terkait, petugas dan relawan yang ada di lapangan,” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi menyampaikan ketika bencana terjadi maka BPBD yang menanganinya. Selanjutnya pihaknya melakukan pemetakan untuk berkoordinasi dengan OPD terkait supaya nantinya siapa yang paling dekat bisa melakukan penanganan awal.

“Selanjutnya kami melakukan pendataan di lapangan terkait kerusakan akibat dari dampak terjadinya bencana. Setelah data kerusakan diketahui, baru kita rapatkan lagi untuk mengetahui siapa berbuat apa,” katanya. (wan)