Monday, February 26, 2024
Depan > Berita Terkini > Wabup Timbul Kukuhkan Pengurus FPK Kabupaten Probolinggo

Wabup Timbul Kukuhkan Pengurus FPK Kabupaten Probolinggo

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko mengukuhkan pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Probolinggo masa bakti 2022-2027, Kamis (16/3/2023) di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo H. Andi Suryanto Wibowo, Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi, Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arm. Heri Budiasto dan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo Taufik Alami.

Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) dalam peran pentingnya untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa yang terdiri dari banyak suku dan ras. Oleh karena itu, selain menginginkan adanya disintegrasi bangsa dalam kehidupan masyarakat disebabkan oleh adanya pengaruh dari negara lain dan negara sendiri.

Dalam kepengurusan tersebut, Supoyo diberi amanah sebagai Ketua FPK Kabupaten Probolinggo masa bakti 2022-2027. Tokoh adat masyarakat Tengger tersebut terpilih secara aklamasi.

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menjelaskan dalam menjaga dan memelihara keutuhan bangsa dan tetap tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia diperlukan komitmen bersama. Kabupaten Probolinggo sebagai daerah yang memiliki latar belakang kesukuan, keagamaan dan warna kulit yang berbeda-beda mempunyai potensi kerawanan, baik dibidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan hankam.

“Untuk itu, perlu dilakukan upaya-upaya guna meningkatkan dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Seperti pembentukan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) sebagai wadah informasi, komunikasi, konsultasi dan kerjasama antara masyarakat agar mampu menjalankan peran dan fungsinya dengan baik,” ungkapnya.

Selain itu jelas Wabup Timbul, mampu meningkatkan dan menumbuhkembangkan nilai-nilai kebersamaan serta solidaritas sosial tanpa memandang ras, suku dan etnis. “Terbentuknya Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) merupakan wujud pelaksanaan tugas dan kewajiban pemerintah daerah dalam membina dan memelihara ketentraman masyarakat di Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Sementara Ketua FPK Kabupaten Probolinggo Supoyo menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko yang telah mengukuhkan para pengurus FPK Kabupaten Probolinggo yang saat ini berjalan dengan baik dan lancar. Tentunya tugas FPK ini ingin membangun komunikasi dan siap menampung aspirasi.

“Untuk menjalankan tugas dengan baik, perlu adanya dukungan dan sinergitas dengan pemerintah daerah, lintas sektor dan Forkopimda, demi kelancaran tugas FPK yang kami laksanakan kedepannya. Hal terpenting keberadaan FPK ini akan menciptakan kerukunan umat beragama di Kabupaten Probolinggo,” katanya. (y0n)