Monday, March 4, 2024
Depan > Pemerintahan > Wabup Timbul Dampingi Pangdam V/Brawijaya Kunjungi PLTU Paiton 9

Wabup Timbul Dampingi Pangdam V/Brawijaya Kunjungi PLTU Paiton 9

Reporter : Wahed Efendi
PAITON – Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mendampingi Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto melaksanakan kunjungan peninjauan kesiapan pengamanan G20 di kawasan komplek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton 9, Rabu (2/11/2022).

Turut mendampingi Danrem 083/BDJ Kolonel Inf Muhammad Imam Gogor Agnie Aditya, Asintel Kasdam V/Brawijaya Kolonel Kav Valian Wicaksono, Aster Kasdam V/Brawijaya Kolonel Arm Wijang Rimoko Ardani dan Asops Kasdam V/Brawijaya Kolonel Inf Fadli Mulyono.

Kedatangan Pangdam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Nurchahyanto beserta rombongan disambut oleh Direktor Operasi Pembangkit Batu Bara PLN NP Rachmanoe Indarto, General Manager PLN NP UP Paiton Agus Prastyo Utomo, Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arh Arip Budi Cahyono, Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi, Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf Bayu Anjas Asmoro dan Danyon Arhanud 8 Letkol Arh Noor Iskak.

Dalam sambutannya Direktor Operasi Pembangkit Batu Bara PLN NP Rachmanoe Indarto menyampaikan komplek PLTU Paiton ini merupakan komplek pembangkit listrik terbesar dengan kapasitas 4.700 MW dan menyuplai kurang lebih 15% listrik Jawa-Bali.

“Untuk menyambut pengamanan G20, PLN membentuk tim kesiapsiagaan pengamanan listrik secara nasional utamanya pasokan listrik Jawa, Bali dan Madura dengan pembentukan posko di Jakarta, Bali yang melibatkan kesiapsiagaan dari sisi pembangkit,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto mengatakan satu hal dari beberapa hal penting adalah bagaimana PLTU Paiton ini harus dalam kondisi yang operasional dan tidak boleh terganggu sedikitpun. “Kami ingin membantu untuk lebih memaksimalkan kembali, khususnya terkait dengan akan diselenggarakannya G20 di Bali,” katanya.

Untuk menjaga keamanan PLTU Paiton ini harus dilakukan penguatan keamanan baik dari segi internal maupun eksternal. “PLTU Paiton ini merupakan objek vital nasional yang bersifat strategis dan PLTU Paiton ini adalah salah satu objek yang kita bantu pengamanannya. Apalagi dikaitkan dengan akan diselenggarakannya kegiatan G20 di Denpasar Bali. Atas dasar itulah kami memastikan bahwa PLTU Paiton tidak terganggu,” tegasnya.

“Pengamanan PLTU Paiton tidak hanya dilakukan oleh internal saja, tetapi juga eksternal yaitu masyarakat yang ada di sekitar PLTU Paiton harus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam rangka menjaga keamanan PLTU Paiton,” tambahnya.

Lebih lanjut Pangdam V/Brawijaya menyampaikan pihaknya ingin membantu pembinaan kepada masyarakat agar mempunyai rasa tanggung jawab dibidang keamanan terkait PLTU Paiton. Selain itu, pihaknya menyiapkan Alustista untuk memberikan perlindungan manakala itu dibutuhkan. Karena ancaman terhadap objek vital negara bisa berasal darimana saja.

“Ancaman itulah yang ingin kita antisipasi semua, sehingga mampu mengurangi atau bahkan meniadakan ancaman yang mungkin akan timbul. Mudah-mudahan seluruh rangkaian kegiatan G20 berjalan dengan lancar dan kita siap untuk mendukung itu,” terangnya.

Selanjutnya rombongan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto menuju ruang operator pembangkit unit 1 dan 2 didampingi Wabup Probolinggo Timbul Prihanjoko dan General Manager PLN NP UP Paiton Agus Prastyo Utomo untuk meninjau langsung segala kesiapsiagaan suplay listrik dan untuk mengantisipasi adanya kemungkinan yang akan terjadi pada saat kegiatan G20 berlangsung. (hed)