Wednesday, October 27, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Wabup Timbul Canangkan BBGRM ke-XVI dan HKG PKK ke-47

Wabup Timbul Canangkan BBGRM ke-XVI dan HKG PKK ke-47

Reporter : Hendra Trisianto
KREJENGAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dan TP PKK Kabupaten Probolinggo melaksanakan kegiatan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-XVI dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-47 Kabupaten Probolinggo, Rabu (20/11/2019) di halaman Perpusdes Aqila Desa Krejengan Kecamatan Krejengan.

Kegiatan tersebut ditandai dengan penabuhan kentongan raksasa (dung-dung) oleh Wakil Bupati Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj Nunung Timbul Prihanjoko beserta Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo M. Sidik Widjanarko dan Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo.

Dalam kegiatan tersebut Wabup Timbul dan Ketua TP PKK Hj Nunung Timbul Prihanjoko diikuti oleh segenap ketua dan pengurus Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo secara simbolis melakukan gerakan penanaman penghijauan pemanfaatan pekarangan warga Desa Krejengan dengan menanam tanaman yang bermanfaat bagi keluarga, seperti tanaman apotek hijau dan tanaman berbuah.

Dalam sambutannya Wabup Timbul mengemukakan, pada era milenial saat ini budaya gotong royong kian hari semakin terkikis bersama laju masuknya budaya asing. Nilai-nilai kebersamaan yang sebelumnya menjadi kekuatan masyarakat, kini yang menonjol adalah persaingan dan kompetisi.

Oleh karena itu melalui pencanangan BBGRM dan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK pihaknya berharap untuk sebisa mungkin meningkatkan kembali kebiasaan dan budaya luhur gotong royong di tengah masyarakat Kabupaten Probolinggo.

“Gotong royong harus diwujudkan dalam sebuah tindakan yang nyata, memang tidak mudah menjalankan dan mengaplikasikan semangat ini di tengah kehidupan masa kini yang masyarakatnya semakin individualis dan cenderung kompetitif,” terang Wabup Timbul.

Lebih lanjut Wabup Timbul menjelaskan bahwa makna gotong royong adalah keyakinan akan pentingnya melakukan kegiatan secara bersama-sama yang bersifat sukarela dengan tujuan agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan cepat, efektif dan efisien.

“Gotong royong harus dimaknai bukan hanya sebagai slogan dan kata kata semata, akan tetapi juga harus diaktualisasikan dan dilaksanakan pada kehidupan sehari-hari dan dalam bekerja,” pungkasnya. (dra)