Thursday, October 28, 2021
Depan > Kesehatan > Virus COVID-19 Dipermukaan Benda Mudah Dibersihkan dan Mati dengan Disinfektan

Virus COVID-19 Dipermukaan Benda Mudah Dibersihkan dan Mati dengan Disinfektan

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Hal yang paling penting diketahui tentang Virus COVID-19 di permukaan benda adalah bahwa virus tersebut mudah dibersihkan dan akan mati dengan menggunakan disinfektan rumah tangga seperti yang biasa kita pakai.

Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan penelitian telah membuktikan bahwa virus COVID-19 dapat bertahan hingga 72 jam pada bahan plastik dan stainless steel, bertahan kurang dari 4 jam pada tembaga dan bertahan kurang dari 24 jam pada karton.

“Pastikan bahwa kita selalu menjaga kebersihan tangan kita dengan rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer/antiseptik berbahan dasar alcohol,” katanya.

Oleh karena itu Dewi meminta masyarakat untuk menghindari menyentuh bagian wajah terutama mata, mulut dan hidung. Rutin membersihkan permukaan benda yang sering kontak dengan tangan menggunakan cairan disinfektan akan mencegah penularan virus COVID-19.

“So, terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar virusnya tidak berani dekat-dekat sama kita. Tetap semangat, jangan kendor, pandemi COVID-19 belum berakhir, salam sehat,” pungkasnya. (wan)