Sunday, September 26, 2021
Depan > Kesehatan > Vaksinasi Covid-19 Terbukti Efektif Turunkan Kasus Covid-19

Vaksinasi Covid-19 Terbukti Efektif Turunkan Kasus Covid-19

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Vaksinasi Covid-19 telah atau sedang diberikan kepada tenaga kesehatan di seluruh dunia, sehingga setelah terbukti efikasi dan keamanannya serta telah mendapatkan izin dari regulator.

“Beberapa hasil penelitian-penelitian terbaru menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 bermanfaat bagi tenaga kesehatan. Saat ini yang sudah dilakukan penelitian yaitu pada vaksin merk Pfizer, Moderna dan Atrazeneca di Amerika Serikat, Israel dan Skotlandia,” kata Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica.

Tapi hasil efektivitas vaksin bisa saja berbeda pada merk Vaksin Covid-19 yang lain dan bisa saja berbeda antar negara. Penelitian Daniel, 2021 dan Benenson 2021 menyatakan jumlah kasus Covid-19 sangat berkurang pada tenaga kesehatan setelah mendapatkan 2 dosis vaksin Covid-19.

“Penelitian Daniel tahun 2021, menyatakan bahwa jumlah tenaga kesehatan yang di isolasi atau dikarantina karena terdiagnosis Covid-19 menurun hingga 90%. Sehingga vaksin Covid-19 terbukti efektif menurunkan angka tenaga kesehatan yang diisolasi atau dikarantina,” jelasnya.

Hal serupa juga dinyatakan oleh penelitian Vasileou tahun 2021, yaitu terjadinya penurunan angka rawat inap sebesar 85-94% pada tenaga kesehatan yang sudah divaksinasi Covid-19 dosis pertama dan terinfeksi Covid-19, sehingga vaksinasi Covid-19 terbukti efektif menurunkan jumlah kasus rawat inap penderita Covid-19.

“Vaksin Covid-19 yang diberikan di Indonesia (Sinovac) sudah terbukti efikasinya pada uji klinis fase 3, namun belum ada hasil studi untuk menyatakan efektivitasnya, sehingga meskipun sudah divaksinasi dua dosis, protokol kesehatan tetap wajib dilakukan untuk mencegah penularan virus Covid-19,” pungkasnya. (wan)