Friday, March 5, 2021
Depan > Kesehatan > Vaksin 3000 Dosis Tiba dan Siap Didistribusikan

Vaksin 3000 Dosis Tiba dan Siap Didistribusikan

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Vaksin tahap pertama untuk Kabupaten Probolinggo telah datang dan siap didistribusikan pada tenaga kesehatan di 24 kecamatan. Para tenaga kesehatan yang akan divaksinasi sesuai data yang terdaftar di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Vaksin Sinovac tersebut dikirimkan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur yang dikawal ketat oleh Tim Gegana Satuan Brimob Polda Jatim dengan menggunakan dua unit mobil Barakuda. Vaksin tersebut tiba di Gudang Farmasi Kabupaten Probolinggo dengan jumlah 3000 dosis, Senin (25/1/2021) sekitar pukul 21.30 WIB.

Para tenaga kesehatan di Kabupaten Probolinggo yang terdaftar sejumlah 3.134 orang. Sedangkan jumlah vaksin untuk Kabupaten Probolinggo sejumlah 3000 dosis. Pada ketentuan di tahap pertama dosis pertama adalah 3000 dosis untuk 3000 orang tenaga kesehatan. Sisanya tenaga kesehatan yang tidak berkesempatan memperoleh vaksin nantinya akan berkesempatan pada dosis kedua atau kedatangan vaksin berikutnya.

Vaksin tiba di Gudang Farmasi Kabupaten Probolinggo diserahkan oleh Hugeng Susanto dari Dinkes Provinsi Jawa Timur kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono didampingi Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Probolinggo Mujoko. Vaksin yang berjumlah 75 kotak dan tiap kotak berisikan 40 dosis untuk 40 orang dimasukkan kedalam Cool Room dengan suhu 2 – 8 derajat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono mengatakan vaksin Covid-19 sebanyak 3000 dosis telah dikirim dari Dinkes Provinsi Jatim dan sampai di Gudang Farmasi yang berada di Jln Anggrek Nomor 32 Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo.

Nantinya vaksin tersebut akan didistribusikan kepada para tenaga kesehatan (nakes) yang terdaftar sebagai sasaran vaksin mulai Rabu (27/1/2021) melalui puskesmas se-Kabupaten Probolinggo. (y0n)

cww trust seal