Tuesday, August 11, 2020
Depan > Informasi Layak Anak > Wujudkan Pemenuhan Hak dan Kewajiban Anak, Kuatkan Kapasitas Pengurus OSIS

Wujudkan Pemenuhan Hak dan Kewajiban Anak, Kuatkan Kapasitas Pengurus OSIS

Reporter : Mujiono
PAJARAKAN – Sebagai upaya untuk mewujudkan pemenuhan hak dan kewajiban anak, Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Probolinggo memberikan penguatan kapasitas pengurus OSIS dalam menghadapi permasalahan sehari-hari di aula SMA Zainul Hasan (Zaha) 1 Genggong Kecamatan Pajarakan, Selasa (15/10/2019).

Kegiatan ini diikuti pengurus OSIS SMP Zaha, SMP Unggulan Zaha Genggong, MTs Zaha Genggong, SMA Zaha Genggong, MA Zaha Genggong, SMK Hafshawaty Zaha Genggong, SMA Unggulan Hafshawaty Zaha Genggong serta MA Model Hafshawaty Zaha Genggong. Sebagai narasumber hadir dari LPA Provinsi Jawa Timur, Forum Kabupaten Probolinggo Sehat dan LPA Kabupaten Probolinggo.

Ketua LPA Kabupaten Probolinggo Rusdiono mengatakan kegiatan ini bertujuan agar pengurus OSIS mampu membangun konsolidasi antar pengurus dalam melaksanakan kegiatannya sehubungan dengan hak dan kewajiban anak.

“Selain itu, supaya pengurus OSIS mampu membangun kesepahaman antar pengurus dalam rangka terwujudnya perlindungan anak di lembaganya untuk menuju sekolah ramah anak sebagai salah satu persyaratan Kabupaten Layak Anak (KLA),” katanya.

Menurut Rusdiono, salah satu indikator keberhasilan KLA adalah adanya partisipasi keterlibatan anak di dalam pemenuhan hak anak di dalam layanan tumbuh kembang dan perlindungan anak.

“LPA Kabupaten Probolinggo sebagai salah satu lembaga yang termasuk dalam gugus tugas KLA perlu dan harus berperan serta agar terpenuhnya hak anak di Kabupaten Probolinggo sehingga anak-anak dapat melakukan tugas dan kewajibannya,” jelasnya.

Rusdiono menjelaskan untuk itu anak perlu mendapatkan informasi yang benar tentang perlindungan anak, khususnya dengan perkembangan era globalisasi sehingga anak bisa melindungi diri sendiri dan temannya dari pengaruh-pengaruh negative informasi yang salah.

“Melalui kegiatan diharapkan mampu membangun konsolidasi antar pengurus dalam melaksanakan kegiatannya sehubungan dengan hak dan kewajiban anak serta membangun kesepahaman antar pengurus dalam rangka terwujudnya perlindungan anak di lembaganya untuk menuju sekolah ramah anak sebagai salah satu persyaratan Kabupaten Layak Anak,” harapnya. (y0n)

cww trust seal