Wednesday, August 12, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Warga Pabean Meninggal Dunia Positif Terinfeksi Virus Corona

Warga Pabean Meninggal Dunia Positif Terinfeksi Virus Corona

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Hingga Senin (22/6/2020) malam, jumlah orang terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Probolinggo kembali bertambah. Hal ini menyusul adanya warga Desa Pabean Kecamatan Dringu yang menjadi orang ke-127 positif terkonfirmasi COVID-19.

Juru Bicara Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto mengungkapkan satu orang positif COVID-19 ini adalah laki-laki berusia 61 tahun dari Desa Pabean Kecamatan Dringu.

“Sebelumnya yang bersangkutan meninggal dunia dengan status PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan hasil swabnya masih belum keluar. Karena hasil pemeriksaan swabnya belum keluar, maka proses pemakamannya menggunakan protokol kesehatan pemakaman COVID-19,” katanya.

Menurut Anang, warga Desa Pabean Kecamatan Dringu ini dinyatakan positif terkonfirmasi COVID-19 ini karena hasil pemeriksaan swab keluar positif hari ini. Dengan demikian, statusnya naik dari PDP (Pasien Dalam Pengawasan) menjadi terkonfirmasi positif COVID-19 setelah yang bersangkutan meninggal dunia.

“Saat berstatus PDP yang bersangkutan ada keluhan sesak, infeksi saluran pernapasan, penyakit jantung, hipertensi dan pneumolinya. Akhirnya dirawat di RSU Wonolangan Dringu, tetapi kondisinya terus memburuk dan meninggal dunia,” tegasnya.

Anang menegaskan untuk trackingnya sudah dilakukan semua pada saat yang bersangkutan meninggal dunia. Semua anggota keluarga dan kontak-kontak eratnya sudah dilakukan pelacakan dan dirunut. Kemudian dilakukan pemeriksaan rapid test dan hasilnya semua non reaktif.

“Cuma karena sekarang yang bersangkutan dinyatakan positif berdasarkan hasil pemeriksaan swab, maka meskipun sudah non reaktif rapid test, semua anggota keluarganya akan dilakukan pemeriksaan swab,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal