Friday, September 20, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Warga Kelurahan Semampir Semarakkan Jalan Sehat Merah Putih

Warga Kelurahan Semampir Semarakkan Jalan Sehat Merah Putih

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Sebagai upaya menggelorakan semangat juang 45, Pemerintah Kelurahan Semampir Kecamatan Kraksaan menggelar Jalan Sehat “Merah Putih” bersama segenap warga masyarakat pada salah satu lingkungan di wilayahnya, Minggu (25/8/2019) pagi di Jalan Patimura Kelurahan Semampir.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh elemen dan kalangan masyarakat tersebut diwarnai oleh kibar bendera merah putih. Pasalnya di sepanjang jalur, masing-masing peserta jalan sehat tersebut bergerak sambil mengibarkan bendera merah putih di tangannya.

Pemerintah setempat berharap melalui kegiatan tersebut selain menyehatkan masyarakat juga mampu membakar semangat Kemerdekaan serta menghidupkan kembali nilai-nilai kebersamaan dan budaya guyub rukun yang mulai luntur di tengah masyarakat perkotaan.

Kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun pada puncak peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ini dikemas cukup berbeda. Dengan memadukan tiga kegiatan sekaligus yakni senam sehat bersama, pawai sepeda hias anak-anak dan jalan sehat. Dengan demikian, praktis gelaran kegiatan ini berlangsung sangat meriah serta menuai banyak pujian.

Sekretaris Kelurahan Semampir Muhammad Sidiq mengapresiasi antusias warga masyarakat Patimura ini. Menurutnya, semangat nasionalisme ini patut ditiru lingkungan masyarakat lainnya, khususnya bagi generasi muda.

“Harapan kami, pada tahun-tahun mendatang kegiatan semacam ini bisa lebih meriah lagi dan meluas di wilayah Kelurahan Semampir. Karena memperingati dan menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI adalah wajib bagi kita selaku warga masyarakat Indonesia, NKRI bagi kita adalah harga mati,” ucap Sidiq saat melepas peserta Jalan Sehat Merah Putih tersebut.

Hal senada juga disampaikan oleh H Haryono AT, selaku tokoh masyarakat sekaligus Ketua RW di lingkungan Patimura. Menurut kakek dengan tiga cucu ini semangat memeriahkan HUT Kemerdekaan RI telah menjadi budaya tersendiri bagi warga masyarakatnya selama 10 tahun terakhir.

“Kami harap bersama kibar merah putih kali ini kita semua bisa mentauladani semangat perjuangan 45. Terima kasih atas peran serta semua warga dalam rangkaian kegiatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI kali ini. Semoga semangat ini terus terpupuk dan menular kepada generasi kita selanjutnya,” tandas pensiunan salah satu bank negara ini. (dra)