Tuesday, August 11, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Warga Desa Curahsawo dan Pohsangit Leres Terkonfirmasi Positif COVID-19

Warga Desa Curahsawo dan Pohsangit Leres Terkonfirmasi Positif COVID-19

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Jumlah warga Kabupaten Probolinggo yang terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (COVID-19) kembali bertambah sebanyak 2 (dua) orang. Dengan demikian, total jumlah pasien positif COVID-19 hingga Jum’at (15/5/2020) malam sebanyak 38 orang.

“Tambahan dua orang terkonfirmasi positif COVID-19 ini berasal dari Curahsawo Kecamatan Gending dan Desa Pohsangit Leres Kecamatan Sumberasih,” kata Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto.

Menurut Anang, orang ke-37 terkonfirmasi positif COVID-19 dari Desa Curahsawo Kecamatan Gending ini masih remaja berusia 15 tahun. “Alhamdulillah, kondisinya saat ini sehat wal afiat dan sudah dimasukkan ke ruang isolasi di rumah pengawasan Kabupaten Probolinggo sejak awal datang dari Pondok Pesantren Al Fatah, Temboro, Magetan,” jelasnya.

Sementara pasien ke-38 terkonfirmasi positif COVID-19 dari Desa Pohsangit Leres Kecamatan Sumberasih berjenis kelamin laki-laki berusia 24 tahun. “Yang bersangkutan adalah tenaga kesehatan dari Puskesmas Sumberasih dan saat ini dalam kondisi sehat sedang menjalani isolasi di rumah pengawasan Kabupaten Probolinggo,” terangnya.

Anang menerangkan setelah masuk ke rumah pengawasan, kedua orang terkonfirmasi positif COVID-19 ini dilakukan penanganan yang standart dengan pengawasan ketat dari petugas medis. “Mereka kita awasi agar bisa beristirahat dan tidak kontak dengan orang lain serta disehatkan. Nanti kalau sudah waktunya evaluasi, akan kita lakukan evaluasi,” tegasnya.

Lebih lanjut Anang menegaskan orang ke-37 terkonfirmasi positif COVID-19 dari Desa Curahsawo Kecamatan Gending ini masuk dalam klaster Temboro, Magetan. Masih ada hubungannya dengan terkonfirmasi positif asal Desa Tukul Kecamatan Sumber, Desa Sentul Kecamatan Gading serta Desa Kalirejo Kecamatan Dringu.

“Karena mereka sama-sama merupakan santri dari Pondok Pesantren Al Fatah Temboro, Magetan. Ini merupakan penemuan dari hasil check point dan proses karantina desa,” akunya.

Sedangkan untuk orang ke-38 terkonfirmasi positif COVID-19 yang berasal dari Desa Pohsangit Leres Kecamatan Sumberasih ini tidak ada hubungannya dengan terkonfirmasi positif COVID-19 sebelumnya dan masuk dalam klaster lokal.

“Yang bersangkutan merupakan tenaga medis dari Puskesmas Sumberasih yang sempat bertugas jaga di rumah pengawasan. Sehingga kemungkinan penularannya terjadi saat yang bersangkutan bertugas di rumah pengawasan,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal