Monday, July 13, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Walau Tidak Banyak, Cartridge TCM Tersedia Cukup

Walau Tidak Banyak, Cartridge TCM Tersedia Cukup

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Hingga saat ini, cartridge alat TCM (Tes Cepat Molekuler) yang ada di RSUD Waluyo Jati Kraksaan tersedia dengan cukup walaupun tidak terlalu banyak. Kalaupun nanti kekurangan sampai banyak, maka akan dikirimkan ke BBTKL Surabaya.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto, Senin (29/6/2020).

“Kalau TCM memang ketersediaannya tidak banyak, tetapi kita setiap saat selalu ada walaupun jumlahnya tidak berlebihan. Setiap hari rata-rata ada 20 buah cartridge sediaan untuk kita periksa. Insya Allah ke depan bisa lebih memadai,” katanya.

Tetapi untuk PCR (Polymerase Chain Reaction) jelas Anang masih belum karena ada alat-alat yang kemarin dari Jakarta itu tidak serta merta alatnya lengkap. Karena memang ada beberapa alat yang harus dibeli sendiri oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo. “Sekarang kita sedang proses melengkapi hal tersebut. Insya Allah untuk hari-hari ke depan kita sudah running,” jelasnya.

Terkait dengan masyarakat yang membutuhkan rapid test untuk keperluan pendidikan, Anang menyarankan masyarakat jika rapid test mandiri untuk datang ke fasilitas kesehatan swasta.

“Memang Pemerintah Daerah tidak menyediakan untuk rapid test mandiri. Jadi yang ada kita berikan itu untuk kegiatan-kegiatan massal atau kontak erat yang semuanya bersifat gratis. Untuk kegiatan deteksi dan bukan untuk pemeriksaan surat keterangan sehat yang mandiri,” tegasnya.

Menurut Anang, memang untuk rapid test untuk keperluan pendidikan harus dilakukan secara mandiri. Karena kadang-kadang ada orang bekerja tetap diharapkan untuk mandiri ke fasilitas kesehatan swasta.

“Tetapi kalau massal sudah jelas sasarannya. Contohnya seperti kemarin pasar, ASN dan pemudik. Itu program-program khusus yang diberikan atas kebijakan dari Ibu Bupati Probolinggo,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal