Friday, September 20, 2019
Depan > Pemerintahan > Wakapolres Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kraksaan

Wakapolres Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kraksaan

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Wakapolres Probolinggo Kompol Agung Setiono memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci, Sabtu (17/8/2019) dini hari di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Kraksaan.

Salah satu agenda rutin pada setiap tengah malam menjelang peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ini sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa para pahlawan khususnya pejuang kemerdekaan.

Apel kehormatan dan renungan suci tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko, Kepala Pengadilan Negeri Kraksaan Gatot Ardian Agustriono, Kepala Pengadilan Agama Kraksaan, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Wahid Nurahman dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono.

Hadir pula para Staf Ahli Bupati, Asisten, pejabat OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo serta tokoh masyarakat dan tokoh agama di wilayah Kabupaten Probolinggo.

Apel kehormatan dan renungan suci ini juga diikuti oleh satu pleton anggota TNI dari Kodim 0820 Probolinggo dan satu pleton anggota Polres Probolinggo. Tak ketinggalan pula anggota Korpri dari beberapa OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo serta satu pleton anggota Pramuka.

“Renungan suci ini merupakan bentuk penghormatan kepada arwah para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Sebagai generasi penerus kita wajib menghormati pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan bagi bangsa Indonesia,” ungkap Wakapolres.

Apel kehormatan ditujukan kepada arwah para pahlawan khususnya anggota TNI dan anggota Polri yang dimakamkan di TMP tersebut. Usai mengheningkan cipta, dilakukan penyalaan obor oleh petugas yang membuat suasana di sekitar TMP cukup temaram. Apel kehormatan dan renungan suci ini ditutup dengan hening keliling. (dra)