Wednesday, November 13, 2019
Depan > Pemerintahan > Wabup Timbul Tutup Bimtek Bagi Anggota Satpol PP

Wabup Timbul Tutup Bimtek Bagi Anggota Satpol PP

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko secara resmi menutup bimbingan teknis (bimtek) bagi anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Probolinggo di Kompleks Batalyon Zeni Tempur 10 (Yonzipur 10) Probolinggo, Jum’at (20/9/2019) sore.

Bimtek yang diikuti 183 orang anggota Satpol PP Kabupaten Probolinggo ini dilaksanakan selama 4 (empat) hari mulai Selasa hingga Jum’at (17-20/9/2019). Selama empat hari mereka mendapatkan berbagai teori dan praktek terkait pelaksanaan tugas penegakan peraturan daerah (perda) dan peraturan kepala daerah, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat.

Penutupan bimtek bagi anggota Satpol PP Kabupaten Probolinggo ini ditandai dengan pelepasan tanda peserta dan pemasangan baret oleh Wabup Timbul kepada dua orang perwakilan peserta bimtek anggota Satpol PP Kabupaten Probolinggo.

Selanjutnya, Wabup Timbul didampingi Kepala Satpol PP Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi dan perwira Yonzipur 10 Probolinggo melakukan prosesi penyiraman air kembang kepada seluruh peserta sebagai simbol keberhasilan menyelesaikan bimtek anggota Satpol PP Kabupaten Probolinggo.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan seiring dengan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Satuan Polisi Pamong Praja, tugas pokok Satpol PP mencakup 3 (tiga) hal antara lain menegakkan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat.

“Terciptanya tertib secara umum dan suasana batin yang tentram pada setiap individu di dalam lingkup Pemerintah Daerah akan bermuara pada terciptanya kesejahteraan masyarakat, peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dan terciptanya pelayanan publik yang baik,” katanya.

Sesuai dengan tujuan dilaksanakannya bimtek ini jelas Wabup Timbul, seiring dengan tugas yang diemban oleh Satpol PP, diharapkan dengan berakhirnya kegiatan selama tiga hari ini, seluruh anggota Satpol PP mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya kembali serta bisa lebih humanis, memiliki dedikasi yang tinggi, tegas dan disiplin.

“Semoga kegiatan yang telah kita lakukan ini mampu memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi anggota Satpol PP pada khususnya dan bagi Kabupaten Probolinggo pada umumnya,” harapnya. (wan)

cww trust seal