Saturday, August 15, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Wabup Timbul Tinjau Pasar Sehat Desa Krejengan

Wabup Timbul Tinjau Pasar Sehat Desa Krejengan

Reporter : Hendra Trisianto
KREJENGAN – Dengan mengendarai transportasi tradisional becak, Wakil Bupati Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj Nunung Timbul Prihanjoko meninjau Pasar Sehat Desa Krejengan Kecamatan Krejenga yang baru 2 (dua) bulan beroperasi, Rabu (20/11/2019) pagi.

Peninjauan ini dilakukan di sela-sela waktu kegiatan puncak Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke-XVI dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-47 Kabupaten Probolinggo di Perpustakaan Desa Aqila Desa Krejengan Kecamatan Krejengan.

Pasar desa yang digadang-gadang sebagai pasar rintisan di Kecamatan Krejengan ini terdiri dari 15 unit loss permanen dan telah dimanfaatkan oleh para pedagang yang notabene adalah warga masyarakat Desa Krejengan. Saat ini tersisa satu lokasi yang nantinya diperuntukkan bagi para ibu-ibu welijo.

Lokasinya yang strategis yakni pada ruas jalan penghubung Desa Krejengan, Kamalkuning dan Tanjungsari diharapkan akan menarik masyarakat untuk mengunjunginya. Selain itu Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Satu Hati sebagai pengelola tunggal juga selalu mengupayakan adanya kegiatan-kegiatan edukatif setiap minggunya agar pasar sehat ini selalu ramai dengan kunjungan masyarakat.

Wabup Timbul mengapresiasi konsep pembangunan terpadu yang dimiliki Pemerintah Desa Krejengan melalui pemanfaatan dana desa yang memiliki unsur partisipatif masyarakat. Tidak hanya menyasar infrastruktur semata namun juga mengedepankan pemberdayaan masyarakat didalamnya.

Wabup Timbul menilai pembangunan pasar tersebut merupakan strategi cerdas untuk menggerakkan potensi yang dimiliki desa dan sangat memungkinkan merangsang lahirnya pelaku-pelaku ekonomi kreatif dari kalangan warga masyarakat. “Diharapkan perputaran keuangan di Desa Krejengan akan lebih besar sehingga dampak akhir yang diharapkan adalah meningkatnya perekonomian masyarakat,” jelasnya.

“Selamat kepada Desa Krejengan atas segudang raihan prestasi regional maupun nasional, terwujudnya pasar rintisan ini sejatinya merupakan cita-cita seluruh warga Kecamatan Krejengan. Inilah salah satu wujud kegiatan gotong royong yang ternyata masih terjaga di Desa Krejengan,” imbuhnya.

Sementara Kepala Desa Krejengan Nurul Huda dalam sambutannya menuturkan bahwa yang melandasi terwujudnya pasar sehat Desa Krejengan ini adalah keinginan bersama untuk melibatkan peran serta masyarakat untuk bersama-sama membangun Desa Krejengan.

Nurul Huda menerangkan untuk meningkatkan tingkat kunjungan strategi yang saat ini sedang dilakukan bersama pemuda karang taruna dan BUMDes adalah dengan memfasilitasi adanya kegiatan-kegiatan edukatif di lokasi pasar bagi komunitas yang ada disekitar Desa Krejengan.

“Kami membaca peluang ini karena di Kecamatan Krejengan belum mempunyai pasar desa. Ke depan kami mohon bimbingan dan arahan bapak Wabup beserta instansi terkait agar pengelolaan pasar desa kami mampu mengembangkan potensi masyarakat khususnya yang ada di Desa Krejengan,” pungkasnya.(dra)

cww trust seal