Wednesday, November 25, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Wabup Timbul Tinjau Layanan Call Center 112

Wabup Timbul Tinjau Layanan Call Center 112

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko melakukan peninjauan layanan call center Kabupaten Probolinggo Siaga 112 di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Probolinggo, Senin (6/1/2020).

Turut mendampingi dalam kesempatan tersebut Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Tutug Edi Utomo, Kepala Satpol PP Dwijoko Nurjayadi, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Yulius Christian, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Rachmad Waluyo, Direktur RSUD Waluyo Jati Kraksaan dr Mansur serta Kabag Humas, Protokol dan Rumah Tangga Heri Mulyadi.

Walaupun masih belum secara resmi dilaunching, tetapi layanan call center 112 ini sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Setiap ada kejadian, masyarakat pasti berbondong-bondong untuk langsung menghubungi 112. Meskipun terkadang ada orang iseng yang call center 112. Ketika ditindanjuti, ternyata informasi tersebut tidaklah benar.

“Namanya juga bebas pulsa, masyarakat biasanya akan langsung memanfaatkan layanan call center 112. Tetapi tidak semua panggilan kami respon, karena setiap panggilan kami verifikasi terlebih dulu kebenarannya bekerja sama dengan beberapa OPD terkait, tokoh masyarakat dan tokoh agama serta jajaran samping TNI/Polri,” kata Kepala Satpol PP Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi.

Setelah dilakukan verifikasi jelas Joko, pihaknya langsung berkoordinasi dengan beberapa OPD terkait untuk melakukan penanganan bencana secara cepat. “Kadang kami menerima telpon yang hanya iseng-iseng saja. Jika sampai terjadi seperti itu, maka panggilannya akan diabaikan,” jelasnya.

Sementara Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaukan saat menghadapi bencana alam, masyarakat dapat mengakses layanan call center 112 untuk menginformasikan bencana yang terjadi.

“Kita tetap menghimbau kepada masyarakat apalagi terjadi hujan deras secara terus menerus maka harus bisa menjaga diri dan keluarganya sendiri. Kami siap 24 jam untuk melayani masyarakat. Tetapi yang penting diri dan keluarganya sendiri bisa menyelamatkan diri,” katanya.

Lebih lanjut Wabup Timbul menyampaikan apabila terjadi sebuah bencana maka masyaraka melalui camatnya bisa memanfaatkan layanan call center 112 bebas pula. “Saya mengajak kepada masyarakat agar ketika terjadi bencana langsung saja menghubungi 112 bebas pulsa. Hal ini penting agar kita bebas bergerak,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal