Sunday, August 9, 2020
Depan > Pemerintahan > Wabup Timbul Pimpin Upacara Penurunan Bendera Merah Putih

Wabup Timbul Pimpin Upacara Penurunan Bendera Merah Putih

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko bertindak sebagai inspektur upacara (irup) pada upacara penurunan bendera merah putih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Alun-alun Kota Kraksaan, Sabtu (17/8/2019) sore.

Sebagai Komandan Upacara adalah Kapten CBA Guntur Komandan Rayon Militer 0820/23 Gading. Sementara perwira upacara adalah Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Probolinggo Agus Mukson

Upacara ini diikuti oleh karyawan dan karyawati (Korpri) Pemkab Probolinggo, TNI/Polri, Satpam, Linmas, Dinas Perhubungan, Banser, Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), karang taruna, mahasiswa, pelajar SLTA serta Pramuka.

Hadir dalam upacara ini jajaran Forkopimda, Pimpinan dan anggota DPRD, Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim dan jajaran Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Tampak pula Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Probolinggo Hj. Sudjilawati Soeparwiyono, pengurus Bhayangkari dan Persit Kartika Candra Kirana Kodim 0820 Probolinggo.

Upacara penurunan bendera ini juga dimeriahkan dengan penampilan Marching Band Gita Wibawa Praja Satpol PP Kabupaten Probolinggo yang membawakan Mars Satpol PP dan Hari Merdeka. Sekaligus melakukan atraksi di hadapan para undangan yang hadir sore tersebut.

Penurunan bendera merah putih ini kembali dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kabupaten Probolinggo tahun 2019. Komandan Paskibraka dipercayakan kepada Pasandi Kodim 0820 Probolinggo Letda Inf. M.A. Rollys. Sementara sebagai petugas pengerek bendera Aditya Arman dari SMAN 1 Sukapura, M. Imron dari SMAN 1 Gending dan Ardi Galang Belantara dari SMAN 1 Gending.

Selanjutnya bendera sang merah putih dibawa oleh pembawa nampan bendera Sofiah Qotrun Nada dari SMAN 1 Tongas. Kemudian Sang Merah Putih ini diserahkan kepada Irup Wabup Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko. Secara umum pelaksanaan upacara penurunan bendera merah putih berjalan dengan khidmat dan lancar.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan hadiah kepada 3 (tiga) pleton terbaik. Yakni, SMKN 2 Kraksaan, SMKN 1 Kraksaan dan SMA Syekh Abdul Qodir Al Jailani (SAQA) Kraksaan. (wan)

cww trust seal