Sunday, December 15, 2019
Depan > Pemerintahan > Wabup Timbul Launching Aplikasi Simkeudes Online Berbasis Cloud System

Wabup Timbul Launching Aplikasi Simkeudes Online Berbasis Cloud System

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, Selasa (6/2/2018) secara resmi melakukan launching aplikasi Sistem Keuangan Desa (Simkeudes) Online Berbasis Cloud System, Selasa (6/2/2018) di Pendopo Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo, seluruh pejabat OPD, para Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Probolinggo. Launching ini merupakan salah satu langkah menuju tata kelola keuangan desa yang bersih, transparan dan akuntabel.

Siskeudes merupakan aplikasi keuangan yang dikembangkan oleh Badan Pemeriksan Keuangan Pusat (BPKP) berkerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk digunakan oleh pemerintah desa di seluruh Indonesia dalam pengelolaan dana desa.

Launching ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Wabup Timbul didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto serta Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo.

Wabup Probolinggo Timbul Prihanjoko menjelaskan bahwa setelah launching aplikasi Siskeudes kepada seluruh kepala desa, harus ditindaklanjuti dengan memberikan bimbingan teknis secara bertahap dan berkesinambungan kepada satuan petugas (satgas) kecamatan, operator desa dan pejabat yang menangani pengelolaan keuangan desa.

‚ÄúDengan menerapkan aplikasi Simkeudes Online Berbasis Cloud System akan mampu mewujudkan akuntabilitas, transparansi dan kecepatan pelaporan pengelolaan keuangan desa. Perlu didukung dengan sistem berbasis teknologi berupa sebuah sistem yang terintegrasi dengan baik,” ungkapnya.

Sementara Kepala DPMD Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto menyatakan, launching ini diharapkan membawa dampak positif yakni memberikan solusi penataan pengelolaan keuangan desa menjadi lebih baik dan terintegrasi. (y0n)

cww trust seal