Thursday, November 21, 2019
Depan > Pemerintahan > Wabup Timbul Gelar Audiensi Dana Desa Dengan Pendamping Desa

Wabup Timbul Gelar Audiensi Dana Desa Dengan Pendamping Desa

Reporter : Mujiono

PROBOLINGGO – Pemkab Probolinggo melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo menggelar audiensi Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. H.A. Timbul Prihanjoko dengan seluruh pendamping program Dana Desa (DD), Rabu (23/1/2019) malam di pringgitan Rumah Dinas Wakil Bupati Probolinggo.

Audiensi ini diikuti oleh 73 pendamping DD se Kabupaten Probolinggo, terkait dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PerMendes) No. 16 Tahun 2018 tentang Prioritas penggunaan Dana Desa. Turut hadir Inspektur Kabupaten Probolinggo Sigit Sumarsono dan kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Probolinggo Parjono.

Audiensi ini digelar untuk mensinergikan peran pendamping dalam mengawal DD dan sebagai fasilitator program (DD) agar semakin dioptimalkan penyerapan dan penggunaannya, sesuai dengan ketentuan PerMendes RI No. 16 Tahun 2018 dan RPJMD Bupati dan Wakil Bupati Probolinggo serta meminimalisir adanya penyelewengan.

Dana Desa memiliki 3 (tiga) program prioritas. Pertama, penggunaan DD diprioritaskan untuk pelaksanaan program di bidang pembangunan desa, baik fisik dan non fisik, dan pemberdayaan masyarakat desa.

Kedua, pritoritas penggunaan DD untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan yang bersifat sosial dasar seperti pendidikan dan kesehatan.

Ketiga, adalah prioritas penggunaan DD sebagaimana dimaksud pada ayat pertama dan ayat kedua, dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat desa dalam hal peningkatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan kesejahteraan dan penanggulangan kemiskinan serta peningkatan pelayanan publik.

Sekretaris DPMD Kabupaten Probolinggo Syamsul Huda menyampaikan, kegiatan ini bermaksud untuk membangun kebersamaan dan sinergitas antara Pemkab Probolinggo dengan pendamping Desa dalam pembangunan desa dan memberdayakan masyarakat.Dimana tujuannya adalah menyamakan pemahaman terhadap Indeks Desa Membangun (IDM).

Wabup Timbul menegaskan, anggaran dana desa dari pemerintah pusat agar dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mengatasi permasalahan di desa dan menciptakan desa untuk lebih berkembang. “Peran sebagai pendamping desa sangat penting untuk mengawal anggaran Dana Desa agar pemanfaatannya benar benar untuk pembangunan desa dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Wabup Timbul.(y0n)

cww trust seal