Wednesday, January 29, 2020
Depan > Pemerintahan > Wabup Timbul Buka Evaluasi SAKIP dan Pra Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi

Wabup Timbul Buka Evaluasi SAKIP dan Pra Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono membuka evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Pra Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di ruang pertemuan Tengger Kantor Bupati Probolinggo, Senin (16/9/2019).

Kegiatan yang dihadiri oleh Tim Evaluasi SAKIP dan Pra Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dari Biro Organisasi Provinsi Jawa Timur ini diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kecamatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Ketua Tim Evaluasi SAKIP dan Pra Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dari Biro Organisasi Provinsi Jawa Timur Nana Priyantoro mengungkapkan kedatangannya di Kabupaten Probolinggo bertujuan untuk melihat informasi SAKIP yang sudah berjalan di Pemkab Probolinggo.

“Evaluasi SAKIP bukan semata-mata hasil nilai dari 5 (lima) komponen meliputi perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi kinerja dan capaian kinerja saja, tetapi implementasi SAKIP lebih pada OPD masing-masing di lingkungan Pemkab Probolinggo,” ujarnya.

Menurut Nana, pihaknya tidak hanya melihat dokumen tetapi lebih pada implementasinya. Setelah selesai baru Tim Evaluasi SAKIP dan Pra Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi akan memberikan nilai sejauh mana implementasi SAKIP. Jika ada beberapa hal yang kurang pas, maka pihaknya akan memberikan masukan sebagai upaya perbaikan untuk ditindaklanjuti pada tahun berikutnya.

“Kami akan memonitor tindak lanjut yang sudah dilakukan oleh Pemkab Probolinggo atas cacatan dan rekomendasi yang diberikan pada hasil evaluasi tahun 2018. Terlebih pada tahun 2018 lalu, Pemkab Probolinggo yang melakukan evaluasi adalah Kementerian PAN dan RB. Pasti disitu ada catatan dan rekomendasi yang diberikan,” jelasnya.

Nana menambahkan pada tahun 2018, di Jawa Timur ada 5 (lima) kabupaten/kota yang meraih predikat A, 15 kabupaten/kota yang meraih predikat BB dan 18 kabupaten/kota yang meraih predikat B serta tidak ada yang meraih C.

“Meskipun begitu nilai SAKIP tidak serta merta bisa naik, tetap atau bahkan turun. Ini adalah jaminan implementasi SAKIP. Kalau tahun ini Kabupaten Probolinggo dapat predikat A luar biasa. Banyak sistem akuntabilitas kinerja, tetapi juga reformasi birokrasi di masing-masing daerah,” tegasnya.

Sementara Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan dalam rangka meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik, bersih dan akuntabilitas yang bertujuan untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat serta memantapkan pencapaian visi, misi dan tujuan kepala daerah, maka perlu diselenggarakan penilaian atas implementasi SAKIP dan reformasi birokrasi.

“Dimana prasyarat utama peningkatan pelaksanaan SAKIP yaitu penerapan reformasi birokrasi melalui 8 area perubahan pada semua level jabatan di seluruh perangkat daerah,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) terhadap Laporan Kinerja Pemerintah Kabupaten Probolinggo dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Tahun 2015 predikat CC nilai 56,09, tahun 2016 predikat B nilai 60,10, tahun 2017 predikat BB nilai 70,04, tahun 2018 predikat BB nilai 70,12 dan diharapkan pada tahun 2019 diperoleh predikat SAKIP A.

“Selain itu, perlu ditingkatkan perangkat daerah pemberi layanan masyarakat dengan predikat menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM),” tegasnya.

Atas hasil yang dicapai selama ini, Wabup Timbul menyampaikan terima kasih atas kerja sama dan komitmen seluruh Kepala Perangkat Daerah. Namun tetap harus ditingkatkan kinerja di masing-masing perangkat daerah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Oleh karena itu, kami berharap melalui kegiatan evaluasi SAKIP dan Pra Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan komitmen kita bersama dalam bekerja memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut Wabup Timbul juga menyampaikan paparan SAKIP. Kemudian dilanjutkan dengan paparan Pra Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi okeh Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono.

Usai pembukaan, evaluasi SAKIP dan Pra Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi ini dilanjutkan dengan paparan beberapa OPD di lingkungan Pemkab Probolinggo di hadapan Tim Evaluasi SAKIP dan Pra Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dari Biro Organisasi Provinsi Jawa Timur. (dra)

cww trust seal