Sunday, October 25, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Virus Corona Bukan Aib Tapi Penyakit Yang Belum Ditemukan Obatnya

Virus Corona Bukan Aib Tapi Penyakit Yang Belum Ditemukan Obatnya

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Corona Virus Disease (COVID-19) bukanlah aib, tetapi penyakit yang masih belum ditemukan obatnya. Oleh karena itu sebagai upaya pencegahan penularannya, maka harus melakukan sunnatullah mulai dari sering cuci tangan memakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak dan memakai masker.

Hal tersebut disampaikan oleh Mustasyar PCNU Kabupaten Probolinggo dan Kota Kraksaan Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si saat menghadiri kegiatan silaturahim dan ta’aruf Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kraksaan masa khidmat 2020-2025 di Kantor PCNU Kota Kraksaan di Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan, Sabtu (19/9/2020).

“Virus Corona itu bisa menular melalui droplet yang keluar dari mulut. Oleh karena itu kita diwajibkan memakai masker untuk memutus penularan COVID-19. Sehingga ketika berbicara dengan orang lain tidak sampai ada penularan COVID-19,” katanya.

Hasan menyayangkan virus Corona ini masuk ke lingkungan pondok pesantren. Oleh karena itu diharapkan kepada semua pihak pondok pesantren tatlala ada santri yang sakit supaya segera dipindah dan menghubungi pihak puskesmas agar supaya anak yang kurang sehat di pesantren bisa segera ditangani dengan baik.

“Salah satunya dengan melakukan isolasi mandiri agar santri tersebut sehat dan tidak bisa menularkan kepada yang lain. Tidak akan runtuh pesantren itu tatkala ada klaster. Jadi jangan sampai merasa malu dan dibiarkan begitu saja. Sebab itu akan semakin memperluas penyebaran virus di lingkungan pesantren,” jelasnya.

Lebih lanjut Hasan meminta kepada para pihak pondok pesantren apabila ada santrinya yang kurang sehat dan terkena virus Corona agar bisa menyerahkan kepada petugas kesehatan untuk bisa diurus dan dirawat dengan baik.

“Mari kita adakan budaya kita selaku warga NU dengan istighotsah dan Khotmil Qur’an di masing-masing MWCNU dengan memanfaatkan kantor kecamatan. Karena akal manusia sudah tidak mampu lagi mengatasi persoalan virus Corona ini,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal