Friday, December 6, 2019
Depan > Pendidikan > Verval Data Peserta Didik Paket A, B dan C

Verval Data Peserta Didik Paket A, B dan C

Reporter : Mujiono
BESUK – Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo melakukan verifikasi dan validasi (verval) data peserta didik paket A, paket B dan Paket C di PKBM Insan Cendekia Desa Besuk Agung Kecamatan Besuk, Rabu (9/10/2019).

Verval data program kesetaraan tahap 2 tahun 2019 ini merupakan verval semester ganjil sebagai tindak lanjut dari hasil rapat koordinasi (rakor) Penilik se-Kabupaten Probolinggo pada Selasa, 8 Oktober 2019 di SKB Kraksaan.

Di Kecamatan Besuk terdapat 2 (dua) lembaga satuan PKBM yang menyelenggarakan program kesetaraan tahun 2019 semester ganjil. Yakni, PKBM Cahaya Ilmu di Desa Matekan dan PKBM Insan Cendekia Desa Besuk Agung.

Untuk pelaksanaan verval oleh Penilik Diktara Kecamatan Besuk telah dikirim jadwal verval kepada para Ketua PKBM Insan Cendekia. Verval peserta didik program kesetaraan dilakukan pada 185 peserta didik PKBM Insan Cendekia dengan rincian paket A sebanyak 20 peserta didik, paket B sebanyak 79 peserta didik dan paket C sebanyak 86 peserta didik.

Saat melakukan verval di PKBM Insan Cendekia, Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo menyampaikan bahwa verval ini telah dilaksanakan dengan baik, dibuktikan dengan pengecekan berkas pendukung dan dimuat dalam berita acara verval yang ditandatangani oleh para tutor, pengurus PKBM dan Penilik.

“Tutor dan para peserta didik diharapkan memenuhi ketentuan dalam proses pembelajaran yang telah dijadwal dan disepakati dengan acuan, tatap muka 20%, tutorial 30% dan belajar mandiri 50%,” katanya.

Khusus kelas akhir yang akan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) tahun 2020 jelas Massajo, secara nasional BSNP telah menerbitkan jadwal UNBK baik paket B maupun paket C. Diharapkan peserta didik aktif belajar, try out/latihan soal-soal baik secara mandiri atau kelompok didampingi tutor. Tidak lupa pula untuk menjaga fisik, keluarga dan terus beraktifitas sesuai pekerjaan masing-masing.

“Harapannya pelaksanaan verval di 2 lembaga satuan PKBM di Kecamatan Besuk berjalan dengan tertib, lancar, sukses dan memenuhi ketentuan dalam penyelengaraaan program kesetaraan tahun 2019,” harapnya.

Verval ini dilaksanakan sejak pukul 14.15 hingga 16.30 WIB. Kegiatan yang sama verval data peserta didik akan dilakukan pada PKBM Cahaya Ilmu di Desa Matekan Kecamatan Besuk. (y0n)

cww trust seal