Tuesday, October 27, 2020
Depan > Pemerintahan > TRC Satpol PP Ciduk 2 PSK dan 1 Lelaki Hidung Belang

TRC Satpol PP Ciduk 2 PSK dan 1 Lelaki Hidung Belang

Reporter : Syamsul Akbar
PAITON –
Team Reaksi Cepat (TRC) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Probolinggo melaksanakan patroli dan operasi pekat di Kecamatan Paiton dan Kotaanyar, Selasa (15/1/2019) sore. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Koordinator TRC Satpol PP Kabupaten Probolinggo Nurul Arifin bersama 8 (delapan) personil.

Dasar hukum kegiatan ini adalah Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 16 tahun 2018 Tentang Satuan Polisi Pamong Praja, Peraturan Daerah Kabupaten Probolinggo Nomor 5 tahun 2005 Tentang Pelacuran, Surat Tugas (ST) Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Probolinggo serta SOP Tentang Ketentramam dan Ketertiban umum Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Probolinggo.

Dalam operasi pekat ini TRC Satpol PP Kabupaten Probolinggo berhasil menciduk 2 PSK dan 1 lelaki hidup belang dari 2 (dua) warung berbeda. PSK pertama berhasil diamankan dari sebuah warung di Dusun Bligaan Desa Sumberanyar Kecamatan Paiton. PSK berinisial SA (34) ini berasal dari Kecamatan Paiton. Sementara PSK lain diciduk dari sebuah warung di Desa Sumberanyar Kecamatan Paiton atas nama S (32) asal Desa Alas Tengah Kecamatan Paiton. Ikut diamankan pula seorang lelaki hidung belang atas nama HA asal Kecamatan Pakuniran.

Selain itu, TRC Satpol PP juga melakukan operasi pekat pada sebuah warung di Dusun Krajan Desa Talkandang Kecamatan Kotaanyar yang disinyalir dijadikan tempat mabuk-mabukkan dan transaksi obat-obatan terlarang. Operasi pekat ini dilaksanakan berdasarkan pengaduan dari masyarakat yang resah terhadap keberadaan warung tersebut.

“Operasi pekat ini dilakukan untuk menindaklanjuti laporan dari masyarakat, karena diduga warung tersebut sering dijadikan tempat mangkal para PSK, menjual miras dan obat-obatan terlarang,” kata Kepala Satpol PP Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi.

Selanjutnya 2 orang PSK dan 1 orang lelaki hidung belang ini dibawa ke Mako Satpol PP Kabupaten Probolinggo di Kota Kraksaan untuk mendapatkan pembinaan sekaligus dibuatkan berita acara dan menandatangani surat pernyataan. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan HIV/AIDS oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo. Selanjutnya hasil operasi pekat ini diserahkan kepada Dinas Sosial (Dinsos) untuk pembinaan lebih lanjut.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang kami lakukan dalam rangka untuk menekan menyebarnya virus HIV/AIDS. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini masyarakat sudah tidak merasa resah lagi dengan keberadaan warung yang disinyalir menjadi tempat prostitusi, menjual miras dan obat-obatan terlarang,” harapnya. (wan)

cww trust seal