Sunday, December 15, 2019
Depan > Pendidikan > TPQ Nurul Istiqomah Siapkan Generasi Qur’ani

TPQ Nurul Istiqomah Siapkan Generasi Qur’ani

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK – TPQ Nurul Istiqomah Desa Jambangan Kecamatan Besuk bertekad untuk menyiapkan generasi yang Qur’ani. Salah satunya melalui momentum peringatan Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad 1440 Hijriyah, Selasa (2/4/2019).

Dalam kesempatan tersebut Pengasuh TPQ Nurul Istiqomah Ust. Sawi Bhakti Herwanto mengundang Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo sebagai motivator bagi 150 orang santri dan wali santri.

Penilik Diktara dalam paparannya memberi spirit keunggulan generasi pilihan yang siap mewarisi Al-Qur’an sebagaimana termaktub dalam Al-Qur’an surat QS. Qof: 35 ayat 32. Bahwa gambaran responsibilitas generasi terhadap Al-Qur’an meliputi minhum dzolimun linafsih (mendzolimi diri sendiri), minhum muqtashid (setengah-setengah), kadang berada dalam kebajikan dan kadang dalam kedurhakaan serta minhum sabiqun bilkhoirot (terdepan dalam kebajikan).

“Kami memiliki catatan penting dalam pendirian dan pembinaan TPQ Nurul Istiqomah. Awal sebelum berdiri TPQ dan bangunannya, kami yang memberi spirit dan menggagas dengan mengajak masyarakat untuk mendirikan TPQ yang berbasis Tahfidz Qur’an. Kami mengamati dan melihat dukungan walisantri sangat tinggi sehingga kita arahkan menjadi RRT (Rintisan Rumah Tahfidz) IKADI Kabupaten Probolinggo bersama RTQ Ust. Yusuf Mansur melalui pembinaan langsung Ust. Yakqub (Al-Hafidz),” terangnya.

Saat ini total santri putra putri TPQ Nurul Istiqomah sekitar 86 aktif dan sudah ada yang 5 juz hafalannya. TPQ Nurul Istiqomah aktif mengikuti wisuda-wisuda tahfidz Ust. Yusuf Mansur. “Beberapa bulan lalu hadir rombongan wisuda akbar di Unisma Malang. Pekan kemarin 10 santri dinyatakan lulus ujian tahfidz 1-2 juz di rumah Tahfidz Ust Yakqub Kraksaan,” tegasnya.

Beberapa alumni yang sudah melanjutkan di pesantren, berprestasi dan terus menunjukkan potensi yang luar biasa. “Bahkan saat ini santri atas nama Naufal (kelas 9 SMPN 1 Besuk) dengan 5 juz hafalannya diterima tes masuk SMA Tunas Luhur Paiton,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal