Monday, December 9, 2019
Depan > Pemerintahan > TP PKK Desa/Kelurahan Meriahkan Lomba Sajian Kudapan Khas Kota Kraksaan

TP PKK Desa/Kelurahan Meriahkan Lomba Sajian Kudapan Khas Kota Kraksaan

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN –
Sedikitnya 18 Tim Penggerak PKK Desa/Kelurahan se-Kecamatan Kraksaan mengikuti lomba sajian kudapan Kota Kraksaan di Gedung Islamic Center (GIC) Kota Kraksaan, Selasa (22/1/2019). Ada 3 (tiga) jenis kudapan yang dilombakan diantaranya Bikang Pelangi Kraksaan, Bongko Manis Kraksaan dan Sarikaya Kraksaan.

Lomba kudapan khas Kota Kraksaan ini diselenggarakan atas sinergi antara Camat Kraksaan bersama Tim Penggerak PKK Kecamatan Kraksaan dan Perempuan Kreatif Kota Kraksaan dalam kegiatan Masak Bareng Chef Rudi Choirudin yang digelar Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo dalam rangka HUT ke-9 Kota Kraksaan sebagai ibukota Kabupaten Probolinggo.

Dalam lomba kudapan ini, 18 TP PKK Desa/Kelurahan se-Kecamatan Kraksaan ini dibagi dalam 3 (tiga) kelompok yang masing-masing beranggotakan 6 (enam) TP PKK Desa/Kelurahan. Dimana masing-masing kudapan dibuat oleh 6 kelompok. Selain dewan juri lokal, hasil masakan peserta lomba kudapan khas Kota Kraksaan ini juga dinilai oleh Chef Rudi Choirudin.

Pelaksanaan lomba kudapan khas Kota Kraksaan ini dihadiri oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE, Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, Forkopimda, sejumlah Kepala OPD dan Camat di lingkungan Pemkab Probolinggo. Hadir pula Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Probolinggo Hj. Sudjilawati Soeparwiyono beserta segenap pengurus.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Tantri didampingi Chef Rudi Choirudin melihat-lihat dari dekat hasil karya Perempuan Kraksaan Kreatif, Tangguh dan Sukses dalam membuat kudapan Bikang Pelangi Kraksaan, Bongko Manis Kraksaan dan Sarikaya Kraksaan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo mengatakan kudapan Bikang Pelangi Kraksaan ini dipilih karena memiliki perpaduan warna warni cerah laksana bunga indah yang sedang mekar dan rasanya sweet memories. Sementara kudapan Sarikaya Kraksaan ini bahan bakunya adalah pisang Kraksaan, kulitnya kuning dengan dinamika tul-tul warna hitam namun kelezatannya takkan terlupakan.

“Sedangkan kudapan Bongko Manis Kraksaan ini menjadi menu andalan untuk takjil buka puasa. Bahannya dari tepung beras dikawinkan dengan warna pandan yang hijau alami dan dinikmati bersama santan gula merah atau putih,” katanya.

Sementara Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE mengatakan Pemkab Probolinggo sengaja mengundang Chef Rudi Choirudin untuk bersama-sama menggali budaya Kota Kraksaan, terutama dalam hal warisan kulinernya. Karena dari hasil penelusuran, baru ada 3 (tiga) kuliner yang menjadi ciri khas Kota Kraksaan, diantaranya Sarikaya Kraksaan, Bikang Pelangi Kraksaan dan Bongko Manis Kraksaan.

“Kita semua sepakat tidak ada yang mampu bersaing dengan kuliner khas Kota Kraksaan. Bikang Pelangi Kraksaan karya Kota Kraksaan. Kue Bongko Manis Kraksaan kue bersejarah yang kelihatannya sederhana tetapi tingkat kesulitan pembuatannya luar biasa. Termasuk pula Sarikaya Kraksaan,” terangnya.

Sedangkan Chef Rudi Choirudin menyampaikan Bikang Pelangi Kraksaan, Bongko Manis Kraksaan dan Sarikaya Kraksaan merupakan kuliner khas Kota Kraksaan. Rasa dan kelezatan tiga kudapan Kabupaten Probolinggo ini sudah tidak bisa diragukan lagi dan sudah bisa dikategorikan sebagai kuliner nasional.

“Seperti bikang di Kabupaten Probolinggo. Katanya orang mantu kalau tidak ada kue bikang dibilang belum afdhol. Bahkan katanya kalau tidak bisa membuat kue bikang masih belum siap nikah. Orang Kabupaten Probolinggo kalau masak sudah terkenal rasanya lebih sedap dari daerah lainnya,” katanya.

Menurut Chef Rudi Choirudin, semua peserta lomba kudapan khas Kota Kraksaan sudah menampilkan yang terbaik. Hasilnya semua bagus, tetapi bukan perlombaan kalau tidak ada pemenangnya. “Sedikit masukan, semua masakannya enak dan masuk kriteria serta standartnya sudah bagus. Tetapi dewan juri harus memilih yang paling baik dari semua yang terbaik,” tegasnya.

Dari hasil penilaian dewan juri yang dibacakan oleh Chef Rudi Choirudin, untuk Kudapan Sarikaya Kraksaan diraih oleh TP PKK Desa Alassumur Kulon, Kudapan Bikang Pelangi Kraksaan diraih oleh TP PKK Kelurahan Sidomukti dan Kudapan Bongko Manis Kraksaan diraih oleh TP PKK Desa Asembagus. Hadiah kepada masing-masing pemenang diserahkan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko didampingi Chef Rudi Choirudin. (wan)

cww trust seal