Tuesday, September 29, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Tingkatkan Konsumsi Ikan, KKP-Komisi IV DPR RI Gelar Safari Gemarikan

Tingkatkan Konsumsi Ikan, KKP-Komisi IV DPR RI Gelar Safari Gemarikan

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Sebagai upaya untuk mengajak warga masyarakat Kabupaten Probolinggo untuk gemar makan ikan demi mencegah COVID-19 dan mencegah stunting, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia bekerja sama dengan Komisi IV DPR RI menggelar Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) berupa bantuan ikan/olahan ikan di Pendopo Prasadja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo, Kamis (11/6/2020) siang.

Kegiatan ini merupakan salah satu titik dari 110 lokasi yang tersebar 21 provinsi yang dilakukan oleh KKP RI dan Komisi IV DPR RI untuk meningkatkan konsumsi ikan selama periode Juni hingga Oktober 2020. Karena ikan merupakan salah satu asupan gizi yang kaya protein dan omega 3 yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat guna mencegah penularan COVID-19.

Safari Gemarikan ini dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si, perwakilan Direktorat Pemasaran KKP RI, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi serta Kepala Dinas Perikanan Kota Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan KKP melaporkan kegiatan perluasan Gemarikan untuk wilayah Kabupaten Probolinggo dialokasikan sebanyak 1.000 paket Gemarikan berupa 2 jenis ikan segar (teros dan tongkol) sebanyak 2 ton dan 6 jenis olahan ikan yaitu keripik ikan, amplang ikan, stick cumi, abon ikan, ikan kering dan ikan kaleng dengan total nilai bantuan sekitar Rp 130 juta.

Kegiatan ini dilakukan secara singkat, mengacu pada protokol kesehatan dengan rangkaian kegiatan penyerahan bantuan olahan ikan secara simbolis kepada 6 orang wakil penerima oleh perwakilan KKP RI dan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Drs.H. Hasan Aminuddin, M.Si.

Selanjutnya bantuan tersebut didisitribusikan kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 di Kabupaten Probolinggo. Bantuan ikan/olahan ikan tersebut diperoleh dari UKM/pembudidaya/nelayan setempat dengan harapan dapat membantu penyerapan produksi dan menjaga keberlangsungan usaha mereka pada situasi pandemi ini.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi mengungkapkan kegiatan ini bertujuan dalam rangka penanganan stunting, penyerapan produk UKM/pembudidaya/nelayan dan penanggulangan COVID-19 di Kabupaten Probolinggo.

“Harapan kami semoga kegiatan perluasan Safari Gemarikan ini tidak hanya berhenti disini saja, namun terus berlanjut. Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Probolinggo mengucapkan terima kasih kepada KKP dan Komisi IV DPR RI atas terselenggaranya kegiatan ini,” kata Dedy.

Sementara Hasan Aminuddin menyampaikan bahwa Komisi IV DPR RI sudah tiga kali mengesahkan anggaran KKP termasuk Gemarikan untuk penanganan COVID-19. “Kita jangan terjebak dengan pemahaman bahwa COVID-19 itu tidak ada. Kita harus menaati protokol kesehatan karena kebersihan adalah sebagian dari iman. Selain itu makan ikan sangat penting karena mengandung protein yang sangat tinggi sekaligus dapat meningkatkan imun di masa pandemi ini,” katanya.

Hasan juga menyampaikan hasil perikanan dan kelautan di Indonesia sangatlah potensial dan belum dimanfaatkam secara maksimal. Contohnya, kandungan protein dari ikan tongkol lebih tinggi dari ikan salmon. Demikian juga kandungan omega 3 ikan patin/lele lebih tinggi dari salmon. Maka sangatlah penting untuk mempromosikan potensi ini ke masyarakat melalui Gemarikan.

“Dalam menghadapi krisis aktifitas usaha akibat pandemi, perlu untuk tetap membantu para pelaku UKM dalam memasarkan produknya. Saya berharap bahwa pada kesempatan ini dan seterusnya, produk isian paket merupakan hasil produksi UKM lokal,” harapnya. (wan)

cww trust seal