Tuesday, September 29, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Tingkatkan Kemampuan Pengurus Koperasi

Tingkatkan Kemampuan Pengurus Koperasi

Reporter : Syamsul Akbar
GADING – Sebagai upaya peningkatan kualitas SDM pengurus koperasi, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo menggelar kegiatan bertajuk peningkatan kemampuan pengurus koperasi di Kampoeng Kita Hotel dan Waterpark Desa Condong Kecamatan Gading, Senin hingga Rabu (25-27/11/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh 34 orang peserta dari unsur Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Wanita dan Koperasi Wanita (Kopwan) di Kabupaten Probolinggo. Selama kegiatan mereka mendapatkan materi dari narasumber yang berasal dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo.

Materi yang diberikan diantaranya organisasi dan tata laksana, tugas, fungsi dan tanggung jawab pengurus dan pengawas, pengembangan usaha koperasi serta akuntansi. Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Siti Mu’alimah didampingi Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi Siti Khoiriyah.

Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Siti Mu’alimah mengharapkan supaya materi-materi yang sudah pernah diterima pada kegiatan pelatihan atau bimtek sebelumnya supaya ada yang bisa dipratekkan dan tidak berhenti saat mendapatkan materi saja. Sebab administrasi itu selalu berkembang, setidaknya para pengurus koperasi bisa mengikutinya.

“Disamping itu, bisa mempertanggungjawabkan dana yang dikelola kepada anggota (sebagai pemilik dan pengguna) maupun kepada pemerintah. Serta melaksanakan RAT tepat waktu,” katanya.

Sementara Kasi Penyuluhan dan SDM Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Josef Teguh Sulaksono mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk peneguhan kembali dari apa yang sudah didapatkan selama ini baik dari pelatihan atau bimtek (bimbingan teknis) yang harus dikuatkan kembali tentang jati diri koperasi.

“Terutama dari sisi tanggung jawab dan wewenang, baik pengurus maupun pengawas bisa memposisikan dirinya sebagaimana diatur dalam undang-undang maupun Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) koperasi. Dengan demikian koperasi bisa berjalan dengan sehat,” ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan ini Josef mengharapkan nantinya koperasi-koperasi tersebut bisa melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu. Pengurus dan pengawas harus memahami tentang materi yang akan dipertanggungjawabkan.

“Selama ini mereka hanya sekedar bisa mengerjakan buku-buku yang harus dikerjakan. Seharusnya pengurus dan pengawas koperasi harus mampu memahami tugasnya masing-masing. Dengan demikian nantinya ada pertanggungjawaban pengurus dan pemeriksaan oleh pengawas koperasi. Sehingga tidak sampai terjadi tumpang tindih tugas dan tanggung jawab antara pengurus dan pengawas,” jelasnya.

Lebih lanjut Josef menerangkan dari sisi administrasi para pengurus dan pengawas koperasi sudah sangat bagus. Tinggal memposisikan tugas dan tanggungjawab mereka. Kadang ada pengurus mengerjakan kas koperasi dan pengawas mengawasi tugas dan pokoknya pengurus. Namun kenyataannya selama ini, banyak tugas-tugas pengawas dilakukan oleh semua pengurus koperasi.

“Harapannya mereka bisa RAT tepat waktu dan tahu tanggung jawab yang harus dipertanggungjawabkan. Pengurus mengharapkan agar bisa kenal dengan semua pengurus dan pengawas,” harapnya. (wan)

cww trust seal