Sunday, October 25, 2020
Depan > Kesehatan > Tingkatkan Hormon dengan Melakukan Hobi dan Kegiatan Positif

Tingkatkan Hormon dengan Melakukan Hobi dan Kegiatan Positif

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pandemi COVID-19 dapat memicu gangguan kesehatan mental berupa stres atau panik berlebihan, sehingga mengganggu kesehatan tubuh serta pikiran. Hal tersebut dapat dipicu oleh karena stres dalam jangka waktu lama, tekanan hidup dan lain-lain.

“Kita tidak bisa menjaga kesehatan fisik dan mengabaikan kesehatan mental, karena dua hal tersebut saling mempengaruhi,” kata Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica.

Tidak hanya bidang kesehatan dan ekonomi saja, hampir semua bidang terkena dampaknya. Misalnya anak-anak yang biasa belajar dengan tatap muka berubah menjadi daring, mereka mungkin sudah sangat bosan di rumah dan rindu bertemu dengan teman-teman sekolahnya.

“Saat seseorang mengalami stres, maka dapat timbul gejala fisik seperti pusing, tidak nafsu makan, denyut jantung meningkat, tidak bisa tidur, mual bahkan diare. Sehingga bagi yang menjalani WFH atau sekolah daring, sebaiknya tetap melakukan hobi atau kegiatan positif yang disukainya,” jelasnya.

Menurut Dewi, salah satu hormon yang memicu perasaan bahagia adalah hormon endorphine, yang berguna sebagai pain killer atau pembunuh rasa sakit. Aktifitas yang dapat meningkatkan hormon endorphine contohnya membaca komik lucu atau menonton film komedi, karena dengan tertawa akan mengaktifkan endorphine.

“Kegiatan lainnya yaitu merawat tanaman, bersepeda, olahraga atau menghirup uap essential oil dan wangi-wangian yang disukai. Jika kesemuanya itu sudah kita lakukan tetapi masih tidak membantu kondisi mental kita, jangan tunda untuk berkonsultasi dengan ahlinya ya, bisa ke psikiater atau psikologist,” terangnya.

Dewi menambahkan kondisi pandemi ini sering membatasi ruang gerak kita, tapi kita tetap bisa berbagi dukungan mental dengan orang-orang di sekitar kita, simpel kok, hanya dengan menyempatkan waktu untuk menyapa dan menanyakan kabar mereka. “Yuuk bersama saling mendukung, karena sehat itu murah, tetapi akan menjadi mahal ketika sehat berubah menjadi sakit,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal