Saturday, November 23, 2019
Depan > Pemerintahan > Tingkatkan Disiplin ASN, Pemkab Intensifkan Sidak

Tingkatkan Disiplin ASN, Pemkab Intensifkan Sidak

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam rangka untuk meningkatkan disiplin para Aparatur Sipil Negara (ASN), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) akan mengintensifkan kegiatan inspeksi mendadak (sidak) ke semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kecamatan di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Senin (17/6/2019) pagi, kegiatan sidak ini dilakukan pada kegiatan apel pagi bersama di halaman depan Kantor Bupati Probolinggo. Sidak ini dipimpin langsung oleh Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Abdul Halim.

Kegiatan sidak ini diawali dengan persiapan pasukan yang dipimpin oleh Kepala BKD Kabupaten Probolinggo Doddy Nur Baskoro. Kemudian dilanjutkan dengan pengecekan daftar hadir ASN dan pemeriksaan pasukan di semua OPD di lingkungan Kantor Bupati Probolinggo.

Dalam sambutannya Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Abdul Halim mengungkapkan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh para ASN adalah disiplin mengikuti apel pagi dan apel sore.

“Kesiapan kita melaksanakan tugas dan pengabdian ini diawali dengan apel pagi. Oleh karena itu atas nama Pemerintah Daerah saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada para ASN yang telah aktif dan disiplin mengikuti apel pagi dan sore. Buat yang belum mengikuti apel pagi dan sore tanpa alasan yang jelas tetap diingatkan. Karena ini merupakan suatu kewajiban kita bersama,” katanya.

Menurut Halim, dengan apel pagi dan finger print bukan berarti kinerja kita sudah baik. Karena itu pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2011 Tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil. Sehingga bukan apel pagi dan sore saja kemudian hilang, tetapi ada kinerja yang harus dipertanggungjawabkan.

“Misalnya target yang dibuat pada awal perencanaan dan realisasinya pada akhir kegiatannya. Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil ini terdiri dari SKP dan perilaku kerja. Rinciannya, SKP memiliki bobot 60% dab perilaku kerja 40%. Prestasi kerja inilah nanti menghasilkan nilai layak dan tidak layak untuk menempati salah satu jabatan,” jelasnya.

Halim menjelaskan ASN sebagai abdi Negara sudah diikat dengan suatu perjanjian kerja yang siap ditempatkan dimana saja di wilayah Kabupaten Probolinggo. Saat ini sudah terbit PP Nomor 30 Tahun 2019 Tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil sebagai pengganti PP Nomor 46 Tahun 2011. Dalam PP baru ini, aturannya akan lebih lebih akurat lagi. “Marilah bersama-sama untuk lebih meningkatkan kinerja kita lebih baik sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat kita layani dengan maksimal,” pungkasnya.

Sidak ASN para apel pagi dan sore ini akan dilaksanakan secara rutin di semua OPD dan kecamatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Semua ini dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan disiplin para ASN di lingkungan Pemkab Probolinggo. (wan)

cww trust seal