Thursday, November 21, 2019
Depan > Kesehatan > Tim Pembina UKS/M Gelar Rakerda 2019

Tim Pembina UKS/M Gelar Rakerda 2019

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan pada anak usia dini dan usia sekolah melalui program Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Tim Pembina UKS/M menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) UKS/M tahun 2019 di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Kamis (1/8/2019).

Rakerda UKS/M yang mengambil tema “Mewujudkan Sekolah Sehat Berkarakter Mulia” ini diikuti oleh 120 orang terdiri dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo, Kepala KUA se-Kabupaten Probolinggo, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Probolinggo, Ketua Paguyuban Kepala SD Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo, Kasi Kesra Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo dan anggota Forum CSR Kabupaten Probolinggo.

Selama kegiatan para peserta mendapatkan materi perencanaan dan penganggaran UKS/M di Kabupaten Probolinggo oleh Bappeda Kabupaten Probolinggo, arah kebiakan bidang keagamaan sekolah sehat berkarakter oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo, arah kebijakan bidang kesehatan sekolah sehat berkarakter oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo, arah kebjakan bidang pendidikan sekolah sehat berkarakter oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo serta peran dan dukungan CSR terhadap perkembangan UKS/M di Kabupaten Probolinggo oleh Ketua Forum CSR Kabupaten Probolinggo,

Kabag Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kabupaten Probolinggo Didik Abd Rohim mengungkapkan Rakerda UKS/M ini dilakukan dengan maksud untuk mengadakan evaluasi pembinaan dan pengembangan usaha kesehatan sekolah secara terpadu yang dilakukan oleh tim pembina usaha kesehatan sekolah. “Berdasarkan evaluasi ini akan dirumuskan pemantapan pembinaan dan pengembangan usaha kesehatan sekolah pada tahun-tahun mendatang,” ungkapnya.

Menurut Didik, kegiatan ini bertujuan untuk koordinasi dan pemantapan Tim Pembina UKS/M antar instansi terkait maupun manajemen organisasinya serta mensinergikan program UKS/M mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten dan kecamatan se-Kabupaten Probolinggo. “Selain itu, mengadakan evaluasi pembinaan dan pengembangan UKS/M secara terpadu yang dilakukan oleh Tim Pembina UKS/M Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Sementara Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Supriadi mengatakan Rakerda UKS/M ini merupakan salah satu kegiatan dari seluruh rangkaian program Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

“Dimana pemerintah berupaya semaksimal mungkin untuk mencerdaskan masyarakatnya, khususnya lingkungan sekolah yang sebagai generasi penerus dalam membangun bangsa dan negaranya,” katanya.

Oleh karena itu terang Supriadi, pihaknya menekankan koordinasi dan komunikasi antara Tim Pembina UKS/M Kabupaten Probolinggo dengan Tim Pembina UKS/M kecamatan serta institusi yang terkait hendaknya lebih ditingkatkan secara berkala.

“Dengan demikian akan segera tercipta visi misi Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah, yaitu sekolah yang sehat, aman dan bersih serta terciptanya generasi muda yang berkualitas yang terbebas dari bahaya kenakalan remaja, bahaya merokok, narkoba, kehamilan pra nikah/pergaulan bebas, cacingan anemia dan hepatitis B,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal