Tuesday, August 4, 2020
Depan > Kesehatan > Tiga Orang Sembuh dari Virus Corona

Tiga Orang Sembuh dari Virus Corona

Reporter : Syamsul Akbar
TONGAS – Orang yang sembuh dari Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Probolinggo kembali bertambah. Hingga Sabtu (13/6/2020) malam, Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo mencatat ada tambahan 3 (tiga) orang yang sudah sembuh dari virus Corona.

“Tiga orang terkonfirmasi positif COVID-19 yang sudah dinyatakan sembuh ini berasal dari tiga klaster yang berbeda. Yakni, Klaster Temboro, Klaster Pasar dan Klaster Pelangi,” kata Juru Bicara Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto.

Untuk Klaster Temboro adalah laki-laki berusia 18 tahun dari Desa Tukul Kecamatan Sumber yang merupakan santri dari Pondok Al Falah, Temboro, Magetan. Selanjutnya, Klaster Pasar adalah perempuan berusia 47 tahun dari Desa Satreyan Kecamatan Maron yang merupakan pedagang di Pasar Maron. Serta laki-laki berusia 28 tahun dari Desa Kedawung Kecamatan Kuripan yang sebelumnya berstatus ODP (Orang Dalam Pemantauan) yang menjalani perawatan di RSUD Tongas.

“Alhamdulillah, ke-3 orang ini kondisinya bagus dan sehat semua. Mereka dinyatakan sembuh karena hasil swabnya dua kali negatif. Selanjutnya mereka tetap harus melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing selama 14 hari dengan terus menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Menurut Anang, hasil swab ke-3 orang yang sudah sembuh ini keluar hari ini dari TCM (Tes Cepat Molekuler) di RSUD Waluyo Jati Kraksaan. Untuk penyakit lain dari ke-3 orang ini tidak ada dan mereka sudah sehat wal afiat karena mereka masuk dalam OTG (Orang Tanpa Gejala).

“Setelah dinyatakan sembuh tetap sesuai dengan prosedur mereka harus melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing selama 14 hari. Seperti biasanya kita mengingatkan mereka untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dimanapun mereka berada, karena mereka masih berpotensi untuk terinfeksi kembali,” tegasnya.

Anang meminta agar saat kembali ke rumah jangan lupa untuk selalu memakai masker saat beraktifitas, jaga jarak dan tidak kontak fisik, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir serta menerapkan physical distancing.

“Untuk sumber penularannya dari Klaster Temboro jelas dari Pondok Pesantren Al Falah, Temboro, Magetan tempat bersangkutan mondok. Sementara untuk Klaster Pasar dan Klaster Pelangi ini sumber penularannya yang tidak jelas. Karena baik Klaster Pasar maupun Klaster Pelangi merupakan penularan horizontal yang tidak jelas dari mana sumber penularannya,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal