Sunday, October 25, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Tiga Orang Positif COVID-19 Sembuh

Tiga Orang Positif COVID-19 Sembuh

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo merilis Kamis (28/5/2020) malam terdapat 3 (tiga) orang terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Probolinggo yang dinyatakan sembuh dan sudah dipulangkan dari rumah pengawasan. Mereka dinyatakan sembuh setelah hasil swabnya dua kali negatif.

“Alhamdulillah, ke-3 orang ini kondisinya bagus dan sehat. Mereka dinyatakan sembuh karena hasil swabnya dua kali negatif. Selanjutnya mereka tetap harus melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing selama 14 hari dengan terus menerapkan protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya,” kata Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto.

Menurut Anang, ke-3 orang yang dinyatakan sembuh dari COVID-19 ini berasal dari dua klaster yang berbeda. Yakni, Klaster Pelangi terdiri dari laki-laki berusia 69 tahun dari Desa Jambangan Kecamatan Besuk dan laki-laki berusia 51 tahun dari Desa Sepuhgembol Kecamatan Wonomerto. “Serta Klaster Tenaga Kesehatan adalah perempuan berusia 30 tahun yang sehari-harinya bertugas sebagai tenaga kesehatan di Puskesmas Wangkal Kecamatan Gading,” jelasnya.

Anang menerangkan hasil swab ke-3 orang yang sudah sembuh ini keluar hari ini. Hasilnya ada yang berasal dari Nasional Hospital Surabaya karena yang bersangkutan dirawat disana, Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (BBTKL) Universitas Airlangga Surabaya dan TCM (Tes Cepat Molekuler) dengan metode PCR (Polymerase Chain Reaction) di RSUD Waluyo Jati Kraksaan.

“Untuk penyakit lain dari ke-3 orang ini tidak ada dan mereka sudah sehat wal afiat. Namun demikian, mereka harus melakukan isolasi mandiri selama 14 hari, tetap kita himbau untuk menjaga protokol kesehatan agar menjadi pedoman, selalu memeriksakan diri ke puskesmas terdekat supaya termonitor kesehatannya,” tegasnya.

Bagi semua yang sudah sembuh Anang mengingatkan untuk terinfeksi ulang bisa saja. Jadi harus tetap selama dimanapun berada protokol kesehatan harus dipakai. “Contohnya, selalu memakai masker, sering cuci tangan saat beraktfiiatas dan tidak perlu keluar rumah kalau memang tidak terpaksa. Tidak ada perlu yang sangat mendesak sekali jangan keluar rumah sampai pulih betul dan suasana di luar membaik,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal