Tuesday, September 29, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Tetap Aman Saat Berada di Luar Rumah di Tengah Pandemi COVID-19

Tetap Aman Saat Berada di Luar Rumah di Tengah Pandemi COVID-19

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Di era kebiasaan baru ini kita harus tetap produktif, ada kegiatan-kegiatan yang tetap harus kita lakukan di luar rumah, tetapi dengan kembalinya Kabupaten Probolinggo dalam zona merah, pasti timbul kekhawatiran juga kan?

Menyikapi hal tersebut, Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan agar tetap aman terhadap risiko penularan COVID-19 meskipun harus berada di luar rumah.

“Pilih ruangan terbuka yang terorganisir dan membuat kita nyaman. Misalnya jika terpaksa harus ke suatu tempat yang banyak pengunjungnya, dapat kita atur pembatasan waktu kunjungan, membatasi jumlah orang yang masuk pada waktu-waktu tertentu dan tempat yang kita kunjungi sebaiknya memiliki sirkulasi udara yang baik,” katanya.

Selain itu, wajib memakai masker dan bawa hand sanitizer. Jangan menyentuh area wajah sebelum mencuci tangan, terutama mata, hidung dan mulut. Jaga jarak minimal 2 meter serta jika mengendarai kendaraan, bersihkan dengan cairan disinfektan untuk area-area yang sering disentuh banyak orang, misalnya gagang pintu, setir, kunci dan lain-lain.

“Jika menggunakan transportasi umum, wajib menerapkan protokol kesehatan saat berada didalam transportasi umum tersebut. Hindari bersentuhan dengan benda yang sering dipakai orang lain, misalnya pintu, lift, toilet umum, dan lain-lain. Usahakan saat membuka pintu menggunakan siku, kaki atau mendorongnya dengan badan sisi luar,” terangnya.

“Hindari dan jaga jarak dengan orang yang sedang batuk atau bersin. Jangan sentuh ponsel terlalu sering. Bersihkan tangan dan ponsel dengan sanitizer secara berkala. Tidak makan dan minum saat berada dikeramaian serta hindari jam-jam padat,” tambahnya. (wan)

cww trust seal