Sunday, December 15, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Tertibkan PKL Sepanjang Jalan Pangsud Kota Kraksaan

Tertibkan PKL Sepanjang Jalan Pangsud Kota Kraksaan

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan penertiban PKL (Pedagang Kaki Lima) di sepanjang Jalan Panglima Sudirman (Pangsud) Kota Kraksaan, Senin (27/5/2019) sore.

Penertiban yang melibatkan 9 (sembilan) orang personil ini dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (KUKM) Satpol PP Kabupaten Probolinggo Hari Pribadi didampingi Kasi Opsdal Mashudi dan Koordinator TRC Satpol PP Kabupaten Probolinggo Nurul Arifin.

Dasar hukum kegiatan ini Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Satuan Polisi Pamong Praja, Peraturan Daerah Kabupaten Probolinggo Nomor 11 Tahun 2012 Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima, Surat Tugas (ST) Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Probolinggo serta SOP Tentang Ketentramam dan Ketertiban Umum Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut, personil TRC Satpol PP Kabupaten Probolinggo menertibkan PKL di sepanjang jalan raya Panglima Sudirman yang masuk zona larangan PKL. “Unit TRC dibagi menjadi 3 (tiga) tim untuk menghimbau kepada para pedagang buah keliling dan pedagang lainnya agar menempati lapak Pasar Buah Semampir yang sudah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo,” kata Kepala Bidang KUKM Satpol PP Kabupaten Probolinggo Hari Pribadi.

Pada penertiban ini personil TRC Satpol PP Kabupaten Probolinggo menyisir jalan raya Panglima Sudirman yang menjadi zona larangan bagi para PKL liar khususnya pedagang buah. “Dalam kesempatan tersebut kami menghimbau kepada para PKL agar mau menempati lapak di area Pasar Buah Semampir. Penyisiran dilakukan mulai dari Polres Probolinggo sampai Pasar Buah Semampir,” jelasnya.

Sementara Kepala Satpol PP Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi mengatakan bahwa penertiban PKL ini dilakukan dalam rangka untuk mengumpulkan pedagang yang berjualan di sepanjang Jalan Raya L
Pajarakan sampai Pasar Buah Semampir agar berjualan di Pasar Buah Semampir.

“Dengan adanya penertiban PKL di sepanjang Jalan Raya Panglima Sudirman Kota Kraksaan ini kami berharap agar Pasar Buah Semampir bisa ramai dengan pembeli, sehingga bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para pedagang buah,” harapnya. (wan)

cww trust seal