Tuesday, July 16, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Tertibkan PKL Depan Alun-alun Kota Kraksaan

Tertibkan PKL Depan Alun-alun Kota Kraksaan

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Team Reaksi Cepat (TRC) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Probolinggo melakukan penertiban PKL (Pedagang Kaki Lima) yang berada di depan Alun-alun Kota Kraksaan. Penertiban ini dilakukan untuk menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Probolinggo Menghadapi Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1440 Hijriyah/2019 Masehi.

Penertiban PKL ini dilakukan dalam kegiatan Patroli Cipta Kondisi Suasana Ramadhan TRC Satpol PP Kabupaten Probolinggo di wilayah Kecamatan Kraksaan, Sabtu (11/5/2019). Patroli yang dipimpin oleh Kabid Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satpol PP Kabupaten Probolinggo Hari Pribadi, Kasi Opsdal Mashudi dan Koordinator TRC Nurul Arifin ini melibatkan 8 (delapan) personil TRC Satpol PP Kabupaten Probolinggo.

Dasar hukum kegiatan ini Undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Satuan Polisi Pamong Praja, Peraturan Daerah Kabupaten Probolinggo Nomor 11 Tahun 2012 Tentang PKL, Surat Tugas (ST) Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Probolinggo serta SOP Tentang Ketentramam dan Ketertiban umum Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Probolinggo.

“PKL yang ada di depan Alun-alun Kota Kraksaan ini selanjutnya kita arahkan bergesar ke area pasar takjil di sebelah timur Alun-alun sampai dengan akhir bulan suci Ramadhan,” kata Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satpol PP Kabupaten Probolinggo Hari Pribadi.

Dalam kesempatan tersebut personil TRC Satpol PP Kabupaten Probolinggo memberikan himbauan kepada para PKL yang di luar paguyuban untuk tidak berjualan di depan area Alun-alun Kota Kraksaan. “Kami akan melakukan patroli secara rutin, khususnya di wilayah Kota Kraksaan,” jelasnya.

Hari menegaskan Patroli Cipta Kondisi Suasana Ramadhan ini dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan suasana Ramadhan yang tentram dan nyaman. Sehingga masyarakat bisa melaksanakan ibadah dengan tenang dan nyaman tanda adanya gangguan di lingkungannya.

“Semoga dengan adanya patroli ini masyarakat bisa semakin tenang dan nyaman dalam beribadah mengisi bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah. Sekaligus mampu menghindari perbuatan negatif yang melanggar norma-norma agama,” pungkasnya. (wan)