Thursday, August 6, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Terdampak COVID-19, Ribuan Fakir Miskin Terima Sembako

Terdampak COVID-19, Ribuan Fakir Miskin Terima Sembako

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Kalangan fakir dan miskin merupakan orang yang sangat terdampak dari penyebaran wabah Corona Virus Disease (COVID-19). Menyikapi hal tersebut, 3000 orang fakir miskin di Kabupaten Probolinggo menerima paket sembako dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo.

Pendistribusian paket sembako kepada kaum fakir miskin terdampak COVID-19 ini dimulai Senin (13/4/2020) dengan melibatkan berbagai organisasi kemasyarakatan yang ada di setiap kecamatan. Teknis pendistribusiannya dibagikan langsung ke masing-masing rumah kaum fakir miskin. Dimana setiap desa diambil 7 orang fakir miskin.

Dalam satu paket sembako ini berisi beras 3 kilogram, minyak goreng 2 liter, kopi 500 gram, teh 1 bungkus, kecap 1 botol, susu milk 1 kaleng dan makroni 1 kilogram. Jika dinominalkan bisa mencapai Rp 150.000.

“Pendistribusian ribuan sembako ini dilakukan dalam rangka memperkuat sinergitas fakir dan miskin akibat dampak COVID-19. Kami tidak mengumpulkan orang, tetapi langsung diantarkan kepada penerima. Kami menghindari kerumunan orang sesuai dengan instruksi dari pemerintah untuk mempercepat pencegahan penyebaran COVID-19,” kata Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H Ahmad Muzammil.

Menurut Muzammil, akibat dari mewabahnya COVID-19 ini pemerintah telah menghimbau kepada masyarakat agar tetap di rumah apabila tidak benar-benar penting. Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penularan COVID-19.

“Harapan kami bantuan sembako ini setidaknya bisa membantu kaum fakir miskin dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari di tengah-tengah pandemi COVID-19. Setidaknya mereka tidak kesulitan untuk memenuhi ekonominya,” harapnya. (wan)

cww trust seal