Sunday, April 5, 2020
Depan > Berita Terkini > Terbaru, ODP 38 Orang dan PDP 2 Orang

Terbaru, ODP 38 Orang dan PDP 2 Orang

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Hingga Selasa (24/3/2020) petang, perkembangan terbaru kasus Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Probolinggo mencapai 38 orang untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP). Dimana mereka ada riwayat kontak dan gejala sakit. Kemudian, 2 orang untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sudah menandakan gejala-gejala sesak.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Satgas Penanggulangan Bencana Non Alam dan Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto. “Tentu harapan kita Kabupaten Probolinggo bebas dari COVID-19,” katanya.

Menurut Anang, orang yang masuk dalam PDP memang sesuai protap harus dirawat di ruang isolasi. “Tetapi sampai detik ini, 2 orang PDP kita masih dirawat di RSUD Sidoarjo dan Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang,” jelasnya.

Anang menambahkan penyemprotan disinfektan yang ideal itu dilaksanakan sehari sekali, tetapi untuk kondisi saat ini cukuplah seminggu sekali ruangan kantor itu dilakukan penyemprotan. Harapannya setiap kantor itu dibersihkan sehari dua kali, berupa pembersihan permukaan baik itu meja, kursi, gagang pintu dan lain sebagainya.

“Kalau kami pemerintah masih fokus kepada fasilitas-fasilitas umum. Kalau masyarakat ingin berpartisipasi, ayo membersihkan rumahnya sendiri dengan istilahnya pembersihan permukaan. Tiap pagi dan sore disapu dan dilap memakai cairan disinfektan atau sabun cair. Itu saja sudah cukup untuk mencegah penyebaran COVID-19,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal