Sunday, October 25, 2020
Depan > Pemerintahan > Terapkan Disiplin Protokol Kesehatan, Kantor Bupati Probolinggo Dijaga Laskar Waras

Terapkan Disiplin Protokol Kesehatan, Kantor Bupati Probolinggo Dijaga Laskar Waras

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Mulai Senin (24/8/2020), penerapan disiplin protokol kesehatan di lingkungan Kantor Bupati Probolinggo yang ada di Kota Kraksaan dijaga oleh para penegak disiplin yang bernama “Laskar Waras”.

Para relawan ini memiliki tugas khusus untuk mengawal penerapan disiplin protokol kesehatan pada lingkungan kerja di OPD (Organisasi Perangkat Daerah) masing-masing. Mulai dari disiplin penggunaan masker dan penerapan jaga jarak aman akan diawasi oleh Laskar Waras.

Dalam penerapan tugasnya, Laskar Waras memiliki wewenang penuh untuk mengingatkan langsung, menegur dan memberikan tindakan bagi para pelanggar protokol kesehatan tanpa pandang bulu. Oleh karena itu mereka juga dibekali dengan sepucuk pistol mainan berisi air, sebagai upaya untuk memberikan shock terapi.

Untuk mengawali hal tersebut, 5 (lima) orang Laskar Waras Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo dibentuk. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H Soeparwiyono berkesempatan untuk mengukuhkannya pada saat apel bersama, (24/8/2020) pagi di halaman depan Kantor Bupati Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut Sekda Soeparwiyono mengatakan dibentuknya Laskar Waras ini merupakan arahan dan kebijakan dari Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari SE selaku Ketua Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo.

Tujuanya kata Sekda Soeparwiyono, adalah selain untuk melindungi seluruh ASN dari kemungkinan paparan virus corona baik dari internal maupun easternal serta juga untuk menekan angka kasus COVID-19 terutama pada lingkungan perkantoran.

“Kita sebagai pelayanan masyarakat jangan sampai menjadi sumber penularan, tetapi sebaliknya bagaimana kita memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan aman,” tegasnya.

Lebih lanjut Sekda Soeparwiyono berharap mulai besok Laskar Waras – Laskar Waras lainnya juga harus terbentuk di seluruh OPD, baik yang berada di lingkungan Kantor Bupati Probolinggo maupun yang di luar, minimal 10% dari jumlah total karyawannya.

“Intinya adalah bagaimana kita mendisiplinkan seluruh personal internal kita maupun yang kita layani. Semoga ini membawa manfaat bagi kita semua. Terima kasih atas partisipasinya dan selamat bertugas,” imbuhnya. (dra)

cww trust seal