Friday, September 20, 2019
Depan > Pemerintahan > Teken Nota Kesepakatan KUA-PPAS P-APBD TA 2019

Teken Nota Kesepakatan KUA-PPAS P-APBD TA 2019

Reporter : Syamsul Akbar
PAJARAKAN – Setelah melalui tahapan pembahasan oleh Tim Anggaran Eksekutif dan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Probolinggo, Kamis (25/7/2019) siang dilakukan penandatanganan (teken) Persetujuan Nota Kesepakatan Bersama antara Pemkab Probolinggo dengan DPRD Kabupaten Probolinggo tentang Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas serta Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) Kabupaten Probolinggo Tahun Anggaran 2019.

Nota kesepakatan tersebut ditandatangani oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H.Soeparwiyono dan seluruh pimpinan DPRD dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Probolinggo. Penandatanganan ini diawali dengan penyampaian Laporan Banggar yang dibacakan oleh Wijayanti Kusuma Dewi.

Dalam laporan banggar tersebut disebutkan bahwa dari hasil pembahasan yang telah dilakukan, Badan Anggaran mengambil kesimpulan bahwa secara umum sistematika penyusunan dan teknik penulisan nota kesepakatan dan dokumen KUA-PPAS P-APBD Kabupaten Probolinggo tahun anggaran 2019 yang merupakan lampiran yang tidak bisa dipisahkan dari nota dimaksud telah memenuhi ketentuan sebagaimana mestinya.

Sedangkan terhadap hal-hal yang masih perlu diadakan penyempurnaan sebagaimana dalam pembahasan bersama antara Badan Anggaran DPRD dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah. Dengan telah dilakukannya koreksi dan penyempurnaan, maka rancangan KUA-PPAS P-APBD tahun anggaran 2019 telah disesuaikan dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dengan mempertimbangkan kondisi daerah dan aspirasi masyarakat sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Setelah rancangan KUA-PPAS P-APBD Kabupaten Probolinggo tahun anggaran 2019 ini disepakati, agar benar-benar dapat dijadikan pedoman pemerintah daerah dalam penyusunan APBD Perubahan Kabupaten Probolinggo tahun anggaran 2019.

Diharapkan kepada seluruh OPD agar lebih selektif dalam penyusunan program dan kegiatan, sehingga program dan kegiatan yang dibuat sejalan dengan KUA-PPAS perubahan dan dokumen perencanaan daerah lainnya dengan berpedoman kepada RPJMD Kabupaten Probolinggo. Dengan adanya pembangunan tol, mohon agar promosi-promosi wisata ditingkatkan. Karena dampak pembangunan tol sangat kompleks. Oleh karena itu harus disikapi dengan bijak keberlangsungan UKM/UMKM yang ada di wilayah Kabupaten Probolinggo.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono menyampaikan ucapan terima kasih khususnya kepada pimpinan dan anggota Badan Anggaran DPRD, Tim Anggaran Pemerintah Daerah dan Perangkat Daerah yang telah melakukan pembahasan rancangan KUA-PPAS P-APBD Kabupaten Probolinggo tahun anggaran 2019, sehingga dapat ditetapkan dan disepakati antara Bupati dan DPRD untuk menjadi landasan penyusunan rancangan Perubahan APBD tahun 2019.

“Sungguh merupakan hal yang membanggakan bagi kita semua bahwa proses penyusunan dan pembahasan kebijakan umum dan prioritas program Perubahan APBD Kabupaten Probolinggo tahun anggaran 2019 telah dapat dilakukan melalui penyamaan persepsi dan pemahaman terhadap dokumen penganggaran pembangunan tersebut yang selanjutnya dapat segera diaplikasikan sebagai pedoman bagi Pemerintah Kabupaten Probolinggo dalam mengimplementasikan program dan kegiatan pada tahun 2019 ini,” katanya. (wan)