Monday, June 1, 2020
Depan > Kesehatan > TCM Hanya Untuk Yang Emergency dan Butuh Respon Cepat

TCM Hanya Untuk Yang Emergency dan Butuh Respon Cepat

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto mengatakan saat ini alat TCM (Tes Cepat Molekuler) dengan metode PCR (Polymerase Chain Reaction) di RSUD Waluyo Jati Kraksaan akan segera dioperasikan untuk memeriksa swab spesimen COVID-19.

“Alat ini sedang diproses dan disetting. Secara teori bahwa mulai besok, walaupun belum tentu besok kita melakukan pemeriksaan, tergantung dari obyek yang akan kita periksa. Karena sesuai arahan dari Ibu Bupati yang kita periksa ini untuk hal-hal yang sangat prioritas dan emergency yang butuh cepat,” katanya.

Tetapi kata Anang, kalau yang bisa dikirim ke Surabaya maka tetap akan dikirimkan ke Surabaya. Tapi kalau level respon-respon cepat harapannya ada hasil yang lebih cepat maka diarahkan ke TCM. Mengapa begitu? Karena memang cartridgenya itu terbatas, kalau tersedia cukup tentunya akan digunakan semua yang ada.

Menurut Anang, nanti tenaga-tenaganya akan mendapatkan kursus dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melalui teleconference. Insya Alalh dalam minggu ini mereka akan mendapatkan pelatihan langsung dari Jakarta melalui teleconference.

“Satu cartridge itu untuk satu orang dan membutuhkan waktu 1,5 jam. Sehingga harapannya sehari bisa melayani 30-40 spesimen. Tetapi prioritasnya adalah pasien konfirmasi, PDP, ODP dan reaktif,” jelasnya.

Anang mencontohkan seperti PDP agar hasilnya bisa segera diketahui dan ada kepastian sehingga bisa pulang. Atau mungkin orang konfirmasi yang mau dievaluasi segera tetapi bisa lihat dulu kasusnya. “Yang pasti secara prinsip mulai besok secara teknis kita siap untuk melakukan pemeriksaan,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal