Wednesday, November 13, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Tanam Ribuan Pohon di Aliran Sungai Pekalen Tiris

Tanam Ribuan Pohon di Aliran Sungai Pekalen Tiris

Reporter : Syamsul Akbar
TIRIS – Dalam rangka memperingari Hari air se-Dunia tahun 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo bersama Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bumi Rengganis Desa Andungbiru dan PT. PJB UP Paiton melakukan penanaman 3000 bibit pohon di areal aliran Sungai Pekalen Desa Andingbiru Kecamatan Tiris, Selasa (26/3/2019).

Kegiatan yang dipimpin oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko dan General Manager (GM) PT. PJB UP Paiton Mustofa Abdillah ini dihadiri oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Ahmad Hasyim Ashari, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rachmad Waluyo, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Prijono, Camat Tiris Abdul Ghofur beserta Forkopimka Tiris dan Kepala Desa Andungbiru Samsul.

Dalam kesempatan tersebut Wabup Timbul mengajak segenap elemen masyarakat untuk menjadikan Hari Air se-Dunia ini sebagai momentum memulai dan konsisten melakukan perbaikan terhadap alam.

“Kegiatan penanaman pohon ini merupakan upaya bersama untuk melestarikan daerah sumber air agar terus terjaga dan air dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan oleh masyarakat,” ujarnya.

Sementara GM PT. PJB UP Paiton Mustofa Abdillah mengungkapkan penanaman pohon tersebut merupakan contoh kecil untuk membuat hutan kembali hijau, mengurangi potensi banjir bandang, tanah longsor dan untuk melestarikan air agar setiap orang memiliki akses terhadap air bersih dari hulu ke hilir.

“Dengan demikian masyarakat akan mudah memperoleh air bersih karena sudah tersedia dengan cukup karena adanya upaya pelestarian sumber air secara maksimal,” ungkapnya.

Sedangkan Kepala Desa Andungbiru Samsul mengatakan desanya menjadi lokasi penanaman pohon agar bencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi tahun 2018 lalu tidak terulang kembali. “Kami tidak ingin kejadian serupa terus terjadi. Tidak hanya di Desa Andungbiru, desa-desa yang lain sebisa mungkin harus terhindar dari bencana lingkungan,” katanya. (wan)

cww trust seal